• Perasaan iri yang muncul di tempat kerja terkadang memang tidak terhindarkan
  • Biasanya perasaan ini muncul terhadap rekan seusia yang lebih sukses dan dipercaya
  • Beberapa hal yang mungkin dapat membantu memitigasi perasaan ini adalah mencari tahu sumber perasaan iri dan melampiaskannya dalam aktivitas yang sehat

Bagaimana perasaan Anda ketika melihat rekan seusia mendapat promosi atau dipercaya menangani proyek besar? Jawaban yang pantas diberikan adalah kebahagiaan dan ucapan selamat untuk teman tersebut, kan? Tapi bagaimana jika sejujurnya, ada perasaan iri hati dan mungkin marah karena merasa bahwa kitalah yang seharusnya mendapatkan promosi itu? Tanpa kita sadari kita menjadi orang yang negatif untuk lingkungan kerja. Emosi negatif seperti iri hati tidak dapat terhindarkan, namun dapat kita siasati.

Cari Tahu Sumber Perasaan Iri Tersebut

Manusia sejujurnya adalah makhluk yang egois dan tidak akan senang apabila melihat orang lain lebih dulu mengalami hal baik yang sebenarnya juga kita inginkan. Maka dari itu, manusia dapat merasakan iri hati yang sebenarnya normal karena kita memiliki hati dan pikiran yang bisa mengekspresikan berbagai hal baik positif atau negatif. Temukan apa yang menjadi passion Anda dan menyalurkannya sebagai kerja sampingan mungkin bisa menjadi solusi.

Hindari Melampiaskan Kekesalan di Kantor

Meskipun Anda sedang merasa iri, tetaplah bersikap profesional ketika berada di kantor. Oleh karena itu, jangan berusaha tampil negatif dan memperlakukan teman yang sukses tersebut secara sinis karena itu akan memperburuk citra Anda sebagai seorang profesional.

Ingin sukses dengan pekerjaan impian?
Daftar Sekarang

Tidur  7-9 Jam Sehari

Teruslah Berprestasi

Ketika Anda menjadi objek rasa iri dari teman-teman sekitar, Anda bisa saja mengambil sikap acuh tak acuh pada mereka dan tetap terus berprestasi. Anda tahu bahwa tidak semua orang yang ada di lingkungan kerja bisa tulus memuji karena memang demikianlah dunia kerja. Seperti pepatah terkenal yang berucap, “not everyone likes you, but not everyone matters”, teruslah berkarya dan maju.

Hadapi Orang Yang Tak Suka Pada Kesuksesan Kita Secara Privat

Jika Anda merupakan pekerja ulet yang berprestasi dan ada yang iri dengan hal tersebut, Anda harus bijak untuk tidak membuat orang tersebut malu. Sebagai pekerja yang berprestasi, menjaga reputasi masih harus dilakukan. Apabila kita merasa perlu menghadapi orang yang iri dengan kita, diskusikan masalah ini empat mata dengannya. Jika individu tersebut tetap bersikap negatif keesokan harinya, mungkin memang pribadi tersebut memiliki isu dalam diri sendiri yang belum terpecahkan.

Bangun Hubungan Dengan Orang-Orang Yang “Tepat”

Bila memang harus terjadi politik kotor dan Anda tak bisa mencari jalan tengah untuk menghadapi orang yang iri, Anda bisa mencari teman lain yang suportif. Ada kemungkinan tak semua orang yang ada di kantor tersebut bermuka dua dan bahkan mungkin memang mengenal Anda secara baik. Bertemanlah dengan mereka karena mereka akan menjadi pendukung yang setia ketika harus berhadapan dengan orang-orang yang iri hati dengan keberhasilan Anda di tempat kerja.

Sumber Artikel: 

https://lifehacker.com/how-to-deal-with-workplace-envy-1486863386 
https://www.monster.ca/career-advice/article/are-your-colleagues-jealous-of-you 

Sumber Gambar:

https://genesisbackgroundscreening.com/wp-content/uploads/2017/01/BlogF111458918.jpg