Ibukota provinsi Sichuan di China barat daya, Chengdu adalah rumah bagi 16 juta orang. (Dengan 24 juta penduduk, Shanghai adalah kota terbesar di negara tersebut.) Tetapi mungkin merupakan yang paling terkenal karena 150 ekor panda yang tinggal di basis penelitian. Meskipun pusat dan tamannya berada hanya 10 kilometer di utara pusat kota, mereka adalah pelarian dari lalu lintas kota Chengdu yang padat dan gedung pencakar langit modern. Jalur-jalur kuno di Chengdu dan hutan rimbun di sekitarnya berfungsi sebagai inspirasi untuk film-film DreamWorks Animation SKG Inc. salah satunya adalah Kung Fu Panda. Seni dan kehidupan meniru satu sama lain di kota yang berakar budaya kuat tetapi tetap berpikiran maju ini, yang meletakkan dasar bagi tujuan ambisiusnya menjadi Silicon Valley dari Asia. (sumber: bcbusiness.ca)

Para pemimpin China sedang mencari mesin untuk mendukung pertumbuhan baru seiring ekspansi ekonomi negara itu yang mencapai kecepatan paling lambat dalam 25 tahun terakhir. Hal ini mendorong provinsi di seluruh negeri untuk menciptakan zona khusus di mana usaha baru dapat memanfaatkan peluang pendanaan dan insentif lainnya. Sementara perusahaan startup di bidang teknologi telah menjadi penerima manfaat terbesar akan hal ini, perusahaan riset medis juga mendapatkan dorongan — memberikan hidup baru bagi industri di Cina yang tertinggal dari dunia Barat selama bertahun-tahun. (sumber: chinadaily.com)

Pusat Global Century Baru yang sangat besar, yang memiliki luas 1,7 juta meter persegi menjadikannya bangunan terbesar di dunia berdasarkan luas lantai, dibuka pada tahun 2013. Di bawah atap bergelombang struktur baja yang dipangkas dengan lampu ungu menyala adalah banyak sekali kantor, sebuah bangunan bintang lima baru yaitu hotel InterContinental Chengdu Global Center dan pusat perbelanjaan dengan 3.200 toko. Semuanya membungkus di sekitar Paradise Island Waterpark, yang memiliki pantai buatan tempat berselancar dan matahari bersinar 24/7. Bangunan raksasa ini duduk di inti dari Tianfu New Area, sebuah metropolis modern dengan luas 1.578 kilometer persegi dalam pembuatannya, yang fasilitasnya akan mencakup hub berteknologi tinggi. Para manufaktur masih menjadi andalan untuk Chengdu, tetapi kota ini menarik investasi baru dengan menawarkan insentif pemerintah untuk inovator dan pemodal bisnis.

Impian California di Chengdu mulai terbentuk. Dalam obrolan yang disebut fireside pertama Desember lalu, sebuah startup bernama Grind Chengdu, memulai bab baru komunitas global yang dikandung di Silicon Valley pada tahun 2010, menjadi tuan rumah bagi lebih dari 100 pengusaha dan investor. Sejak itu, acara bulanan tersebut menampilkan perusahaan seperti Euclideon Pty Ltd di Australia, yang mengklaim bahwa teknologi hologramnya akan mengacaukan realitas virtual di jagad game.

Terlalu dini untuk mengatakan apakah Chengdu siap menjadi tempat berkembangnya perusahaan unicorn di China seperti raksasa e-commerce Alibaba Group Holding Ltd. dan pembuat ponsel pintar Xiaomi Inc. Namun, Chengdu akan selalu memiliki andalan mereka, para ‘panda raksasa’.

Sumber artikel:

bcbusiness.ca

chinadaily.com

Sumber gambar:

voicendata.com