Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, memang sering menjadi sorotan publik. Namun, satu hal yang tak banyak diperbincangkan mengenai dirinya adalah tentang Priscilla Chan, sang istri tercinta. Priscilla Chan memang pribadi yang low profile, namun beberapa waktu lalu Mark akhirnya menceritakan sedikit tentang bagaimana dirinya bertemu dengan belahan jiwanya tersebut.

Awal Pertemuan Mereka 

Mark Zuckerberg bertemu dengan istrinya Priscilla Chan di perguruan tinggi pada sebuah pesta persaudaraan. Keduanya waktu itu sama-sama sedang mengantri kamar mandi.

“Pada kencan pertama kami, ia mengatakan kepada saya bahwa ia lebih suka berkencan dengan saya daripada menyelesaikan tugas kuliahnya di rumah,” katanya.

Chan, yang rajin dan pernah mendapat julukan sebagai “jenius di kelas” pada masa sekolah menengah atas, mengatakan “sisi anak rajin di dalam diri saya sangat terkejut mendengar Zuckerberg mengucapkan hal itu.”

Ketika mereka bertemu, Chan mengatakan bahwa Zuckerberg mengira ia mungkin akan dikeluarkan dari sekolah karena lelucon yang diucapkannya, jadi Chan pikir Zuckerberg adalah anak yang badung dan juga pemalas di sekolah. (sumber: businessinsider.com)

5 Hal Yang Dapat Kita Pelajari Dari Pribadi Priscilla Chan

1. Pendidikan Adalah Isu Yang Bersifat Sangat Pribadi

Chan mengatakan bahwa orang tuanya meninggalkan negara asalnya di kapal pengungsi untuk mencari masa depan yang lebih baik. Namun, pada waktu itu, mereka tidak memahami sistem pendidikan di tanah air yang baru mereka datangi tersebut. Chan dibesarkan oleh ibunya yang melakukan dua pekerjaan sekaligus dan mengambil peran sebagai juru bahasa untuk kakek dan neneknya yang tidak dapat berbicara dalam bahasa Inggris.

Sebagai anak pertama di keluarganya yang pernah lulus dari perguruan tinggi, “pendidikan adalah masalah yang sangat pribadi bagi saya,” kata Chan lagi. Jika Anda adalah generasi pertama yang masuk perguruan tinggi, ia mencatat, terkadang Anda tidak menyadari potensi diri sendiri sampai orang lain menyebutkannya untuk Anda. Dan orang – orang yang telah melihat potensi Priscilla pada waktu itu adalah para guru di sekolahnya, yang dihormatinya karena “membuat dirinya bersemangat untuk belajar.”

2. Priscilla Chan Fasih Berbicara Dalam 3 Bahasa

Chan bisa berbahasa Inggris, Spanyol, dan Kanton. “Saya dibesarkan dalam lingkungan yang sehari – hari berbicara bahasa Kanton di rumah. Untuk bahasa Inggris, jelas, dari sekolah dan dari proses saya bertumbuh di lingkungan ini,” katanya.

Chan belajar bahasa Spanyol setelah menyadari bahwa begitu banyak pasiennya berbicara bahasa Spanyol: “Anda bisa menjadi pelayan yang lebih baik dan benar-benar terhubung dengan orang lain jika Anda dapat berbicara dalam bahasa mereka, jadi saya mulai belajar bahasa Spanyol di perguruan tinggi, dan mendapatkan banyak latihan di sekolah saya juga di tempat saya bekerja.”

3. Priscilla Bukanlah Anak Yang Suka Bersantai Di Masa Kecilnya

“Saya benar-benar memiliki pembawaan yang serius dulu,” kata Chan sambil tertawa. “Saya anak tertua. Saya akan mengatakan bahwa saya mungkin anak sulung yang sangat bisa ditebak karakternya. Saya selalu senang ‘memerintah’ adik perempuan saya setiap saat sewaktu masih kecil.”

Chan juga memiliki saudara perempuan yang berusia delapan tahun lebih muda darinya, dan Zuckerberg serta dirinya menganggap Michelle sebagai “anak pertama” mereka. Pasangan itu telah lama bersama, “kami telah melihat Michelle tumbuh sejak ia masih berumur sepuluh tahun,” ungkap Chan lagi.

4. Menurut Chan, Rasa Penasaran Orang Banyak Akan Dirinya Sangatlah Aneh

“Ini sangat aneh,” katanya tentang menjadi salah satu pasangan dengan kontribusi besar di dunia. Yang membantu Chan dianggap sebagai orang normal adalah pekerjaannya saat ini sebagai petugas medis, yang berarti dia menghabiskan banyak waktu untuk melakukan kunjungan – kunjungan ke kamar para pasiennya di rumah sakit.

“Saya berada dalam situasi yang menguntungkan, di mana saya bisa berlatih sebagai dokter dalam sebuah program di mana setiap orang memperlakukan saya seperti penduduk dan orang biasa pada umumnya,” katanya. “Saya bisa memiliki pengalaman yang sama seperti orang lain. Jadi rasa penasaran banyak orang akan pribadi saya sebenarnya saya anggap aneh, karena saya tidak menganggap diri saya memiliki status sebagai orang yang hebat dalam kehidupan sehari-hari. Saya hanya seseorang yang berlatih menjadi dokter.”

5. Chan Berharap Akan Lebih Banyak Orang Yang Melihat Mark Seperti Dirinya Melihat Suaminya Tersebut

“Saya pikir ini adalah hal yang sangat memalukan ketika banyak orang tidak melihat pribadi Mark yang lucu dan bijaksana seperti saya melihatnya,” katanya. “Dia sangat sensitif dan sangat peduli dengan apa yang orang lain inginkan dan benar-benar ingin bisa membuat orang lain bahagia. Dan itulah Mark yang saya lihat.”

 

Sumber artikel:

businessinsider.com

today.com

Sumber gambar:

vox-cdn.com