Kemampuan bahasa asing bisa menjadi salah satu kelebihan profesional yang terus memberi manfaat positif untuk Anda. Mampu berbicara, menjelaskan, dan bernegosiasi dalam bahasa lain membuat Anda lebih dicari oleh banyak perusahaan, meningkatkan kepercayaan diri Anda, dan dapat menaikkan jumlah gaji yang Anda terima. Jika Anda mendapatkan kemampuan berbahasa asing dengan belajar di luar negeri, Anda juga akan dilengkapi dengan banyak keterampilan lunak: keterampilan manajemen yang dicari oleh banyak perekrut. Singkat cerita: Menguasai bahasa asing (dan budaya mereka) akan menguntungkan kehidupan pribadi dan profesional Anda, tidak peduli di negara mana atau industri apa tempat Anda bekerja saat ini.

Memilih Bahasa Yang Tepat

Anda memiliki dua pilihan: Anda dapat mempelajari bahasa yang banyak orang bicarakan, seperti bahasa Inggris, dan memilih dari sejumlah besar pekerjaan dan negara tempat Anda dapat menggunakan keahlian Anda. Dalam kasus ini, Anda mungkin memiliki banyak kompetitor dan Anda perlu menemukan hal – hal yang membuat Anda istimewa dibanding orang lain. Atau, Anda berfokus pada bahasa yang kurang umum dipelajari, yang mungkin lebih berisiko dan sulit tapi bisa (secara harfiah) menghasilkan lebih karena Anda benar-benar dapat menonjol dengan keahlian spesifik yang tidak dimiliki banyak orang lain.

Tidak ada jawaban benar atau salah saat memutuskan apakah Anda ingin menjadi fasih berbahasa asing, apapun pilihan Anda nantinya – langkah terpenting adalah Anda belajar bahasa asing, lebih baik yang menarik minat Anda sehingga tetap membuat penasaran dan minat untuk terus mendalaminya ada. Meskipun tidak ada aturan dalam memilih bahasa Anda, ada beberapa bidang di mana satu bahasa mungkin lebih berguna daripada yang lain. Berikut beberapa bahasa asing yang layak Anda pelajari untuk menunjang karir Anda!

Bahasa Inggris

Inilah lingua franca global. Jika Anda ingin bekerja di luar negeri atau perusahaan multinasional, adalah ide yang bagus jika Anda menguasai bahasa satu inii – tidak peduli karir apa yang Anda kejar. Ini juga merupakan bahasa penting dalam lingkungan akademik dan dapat memberi Anda akses ke universitas, pengetahuan, dan pilihan pendidikan di seluruh dunia. Terakhir, bahasa Inggris dapat membantu Anda saat bepergian atau terlibat dalam segala hal yang berkaitan dengan budaya populer karena hidup ini bukan hanya tentang pekerjaan semata.

Bahasa Mandarin

Cina mempunyai salah satu ekonomi terbesar di dunia, yang berarti banyak peluang bisnis dan pekerjaan di sana. Juga akan ada banyak orang untuk berlatih memperlancar bahasa Mandarin Anda. Mandarin adalah bahasa ibu dari lebih 800 juta orang di Republik Rakyat Cina dan Taiwan, dan bahasa ini juga digunakan di Indonesia, Hong Kong, Thailand, Malaysia, Singapura, Brunei , Mongolia, dan Filipina. Singkat cerita: Anda dapat mendiskusikan cuaca dan pekerjaan Anda dengan semua jenis orang di Asia jika sudah kuasai bahasa ini. Bahasa Mandarin sebagai bahasa kedua adalah kombinasi hebat dengan gelar dalam bisnis atau pariwisata dan juga dapat meningkatkan CV Anda saat bekerja di bidang manufaktur.

Bahasa Perancis

Bahasa Perancis adalah bahasa resmi di 29 negara dan diucapkan oleh lebih dari 220 juta orang – kebanyakan tinggal di Eropa Barat dan Afrika. Ini adalah bahasa kerja organisasi internasional, seperti PBB, UNESCO, NATO, FIFA atau WHO. Olimpiade menggunakan bahasa Perancis sebagai salah satu bahasa resmi mereka, dan Uni Eropa telah memilihnya sebagai salah satu bahasa prosedural mereka. Jika Anda mengejar karir diplomasi, hubungan internasional, atau ingin mengerjakan proyek di Afrika, fasih berbahasa Perancis adalah suatu keharusan. Jangan lupa, bahasa Perancis juga bahasa mode yang sangat berkelas.

Bahasa Jepang

Meskipun memiliki ukuran negara yang relatif kecil, Jepang adalah salah satu negara dengan ekonomi terbesar dan paling inovatif di dunia – terutama terkenal dengan industri barang elektronik dan mobilnya. Apa pun yang berkaitan dengan manufaktur, teknik, atau penelitian dan pengembangan akan lebih baik jika disertai dengan kemampuan bahasa Jepang yang mumpuni. Karena negara tersebut mengekspor dan mengimpor banyak barang, ada banyak kesempatan untuk berhubungan dengan perusahaan Jepang – dan mengesankan mereka dengan keterampilan bahasa Jepang Anda.

Bahasa Jerman

Ada sekitar 100 juta penutur asli bahasa Jerman, menjadikan bahasa Jerman sebagai bahasa ibu yang paling banyak digunakan di Eropa. Tambah lagi, ekonomi Jerman adalah yang terbesar dan terkuat di Eropa dan terbesar keempat di dunia. Jika Anda ingin menjadi bagian dari kesuksesan karena menguasai bahasa satu ini, Anda dapat menggabungkan studi bahasa Jerman Anda dengan karir di bidang sains, keuangan / perbankan, sastra / penerbitan, dan teknik.

Bahasa Spanyol

Dengan lebih dari 300 juta penutur asli, Anda tidak hanya akan menikmati banyak kesempatan untuk memanfaatkan kemampuan bahasa Spanyol Anda untuk digunakan dengan baik di tempat-tempat indah di seluruh dunia seperti Barcelona dan Kosta Rika. Namun, Anda akan juga mendapatkan keuntungan dari berbagai kesempatan profesional saat fasih berbahasa satu ini. Sama halnya dengan bahasa Perancis, bahasa Spanyol juga merupakan salah satu bahasa resmi banyak organisasi internasional, dan ini adalah salah satu bahasa internet yang paling banyak digunakan. Selain itu, jika Anda berencana untuk bekerja di bidang medis atau melakukan pekerjaan sosial, Spanyol bisa menjadi pilihan tepat. Karena ini juga merupakan bahasa kedua yang paling umum di Amerika, akan sangat membantu bila ingin bekerja di Amerika Utara.

Bahasa Itali

Mengetahui bahasa Italia bisa meningkatkan prospek pekerjaan Anda saat mengejar karir di bidang seni, fashion, desain, musik (klasik), barang mewah, dan apapun yang berkaitan dengan dunia kuliner. Ini semua adalah hal yang sangat menyenangkan yang dapat Anda diskusikan dengan sekitar 70 juta penutur asli bahasa Italia lainnya.

 

Sumber artikel:

https://www.ef.com/blog/language/learning-one-of-these-languages-will-benefit-your-career/
https://www.theguardian.com/money/2010/aug/28/learning-foreign-language-boost-career

Sumber gambar:

https://buddymantra.com/wp-content/uploads/2017/09/Language-Learning.jpg