Musik selalu memainkan peran utama dalam kehidupan manusia. Ini adalah cerminan kuat dari asal mula dan sejarah kita, dan alat yang ampuh untuk mengekspresikan dan menginspirasi emosi, untuk terhubung dengan orang lain. Menurut BBC, alat musik tertua telah ditemukan di sebuah gua di Jerman selatan dan diperkirakan berusia antara 42.000 dan 43.000 tahun! Dan ternyata, belajar memainkan alat musik memiliki begitu banyak manfaat – entah itu membangun kepercayaan diri Anda, meningkatkan ingatan atau melebarkan lingkaran sosial Anda. Inilah enam alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk belajar bermain paling tidak satu jenis instrumen musik tahun ini.

Bermain Alat Musik Membuat Anda Lebih Cerdas

Banyak penelitian menunjukkan adanya korelasi antara pelatihan musik dan keberhasilan akademis, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Belajar memainkan instrumen merangsang otak, meningkatkan fungsi memori dan keterampilan penalaran abstrak, yang penting untuk matematika dan sains. (sumber: classicfm.com)

Musik Mampu Mengurangi Stres

Menurut Parizae Azhar, seorang artis profesional di WLDN Radio, sama seperti kebanyakan aktivitas yang Anda nikmati, memainkan alat musik juga diketahui dapat meringankan stres. Menjauhkan pikiran Anda dari kekhawatiran hidup sehari-hari dan membiarkan Anda hanyut dalam dunia Anda sendiri, sementara juga memberi manfaat bagi kualitas hidup Anda saat mempelajari keterampilan baru. Satu lagi poin plus yang besar adalah bermain musik meningkatkan kesadaran diri dan rasa pencapaian Anda, sehingga membuat Anda merasa lebih positif dan percaya diri.

Belajar Musik Dapat Membuat Anda Lebih Sabar dan Disiplin

Belajar bermain alat musik pada dasarnya mengajarkan kepada Anda bahwa jumlah usaha yang Anda lakukan dalam praktik akan mencerminkan keahlian bermain. Anda menuai apa yang Anda tabur. Menguasai keterampilan baru selalu membutuhkan waktu dan usaha maka dari itu hal ini juga dapat mengembangkan rasa disiplin Anda karena diharuskan selalu meluangkan waktu untuk berlatih dan melakukan yang terbaik saat belajar instrumen yang disukai entah itu drum, piano, gitar, biola, gamelan, dan lain sebagainya. Anda juga harus memastikan instrumen Anda dalam kondisi baik setiap saat karena ini akan mempengaruhi suara dan nada yang dihasilkan, oleh karena itu, hal itu akan menimbulkan rasa tanggung jawab yang besar. Ini akan mencerminkan area lain dalam hidup Anda, seperti, Anda mungkin menjadi lebih teratur di tempat kerja atau studi.

Anda Akan Menjadi Lebih Kreatif

Mempraktikkan dan menyempurnakan musik membuat sisi kreatif otak Anda mengalami peningkatan yang luar biasa. Tidak peduli berapa banyak komposer menganotasi komposisi mereka, mereka tidak dapat sepenuhnya mengungkapkan bagaimana sebuah musik harus dimainkan. Jadi terserah kepada pemain untuk menempatkan ciri khas gaya permainan dan kepribadian mereka sendiri pada musik yang sedang dimainkan. Itulah mengapa bermain musik mampu mendorong kreatifitas Anda.

Mempelajari Sebuah Musik Meningkatkan Memory Otak

Seperti dilansir oleh classicfm.com, para peneliti menemukan bahwa belajar memainkan alat musik dapat meningkatkan ingatan verbal, penalaran spasial dan kemampuan melek huruf. Intinya, bermain instrumen membuat Anda menggunakan kedua sisi otak Anda, yang pada akhirnya akan memperkuat daya ingat otak.

Mengembangkan Kemampuan Mendengar Anda

Parizae Azhar juga menuturkan bahwa dengan belajar memainkan alat musik, Anda akan memiliki lebih banyak pengetahuan dan kemungkinan persepsi musik yang berbeda dari yang Anda dengar daripada orang-orang yang belum menerima pendidikan musikal sebelumnya. Anda akan tahu dan belajar mengenali struktur kord, tonalitas, nada, scales, dan banyak teknik musik lain yang tidak akan diperhatikan orang pada umumnya. Dengan demikian, Anda akan bisa menilai dan menghargai musik yang Anda dengar secara lebih teliti dan mendalam.

Sumber artikel:

classicfm.com

linkedin.com

Sumber gambar:

sassymamasg.com