• Rutinitas kerja terkadang dapat membuat Anda terjun bebas ke dalam kejenuhan dan rasa monoton
  • Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari kejenuhan tersebut adalah dengan tidur cukup dan rehat sejenak dari gadget
  • Selain itu, merencanakan kegiatan untuk akhir pekan dapat memompa semangat Anda sembari menjalani hari-hari kerja

Rutinitas dapat membunuhmu. Pernahkah Anda merasa kosong dan hampa pada satu titik? Bangun, mandi, tergesa-gesa berangkat ke kantor guna menghindari kemacetan, duduk menatap layar dari pukul 9 sampai 6, pulang dalam kondisi lelah, tertidur dan keesokan harinya siklus yang sama berulang lima hari dalam seminggu. Pekerjaan kantor memang dapat menjadi monoton, dan jika tidak pandai-pandai menyiasatinya dengan kegiatan mengasyikkan, Anda dapat jatuh ke jurang bernama ’24-hour trap’. Apa yang dilakukan orang sukses sehabis kerja?

Ingin sukses dengan pekerjaan impian?
Daftar Sekarang

Tidur  7-9 Jam Sehari

Bahkan seorang pria kuat seperti Mike Tyson atau Bruce Lee pun membutuhkan tidur. Kurang tidur dapat menyebabkan turunnya fungsi kognitif serta konsentrasi. Bukan hanya itu, orang yang tidak cukup tidur sangat rawan mengalami mood swings bahkan dalam jangka panjang bisa saja mengalami halusinasi. Penyakit mematikan seperti serangan jantung, diabetes dan tekanan darah tinggi juga dapat mengintai tanpa Anda ketahui.

Unplug 1-2 Jam Sebelum Tidur

Di era yang serba digerakkan oleh ponsel pintar, internet dan media sosial, sungguh sulit memalingkan mata barang sekejap dari gadget yang kita miliki. Sering kali, fakta ini membuat kita gagal untuk benar-benar ‘hidup’ di masa sekarang. Terlalu banyak berinteraksi dengan perangkat elektronik juga dapat mengganggu siklus tidur. Ini disebabkan oleh terhambatnya rilis hormon melatonin yang merupakan hormon pemicu rasa kantuk. Pada akhirnya, ritme sirkadian akan terganggu dan jika dibiarkan dalam waktu lama akan mendatangkan dampak buruk bagi kesehatan.

Happy Hour

“A glass of beer or wine never hurts anybody”. Alkohol membantu Anda rileks selama Anda mengkonsumsinya secara bertanggung jawab. Percaya atau tidak, konsumsi alkohol secara wajar justru mendatangkan keuntungan bagi tubuh. Bir contohnya, jika diminum tidak berlebihan dapat meningkatkan produksi HDL (kolesterol baik) dan mengurangi LDL (kolesterol jahat). Bukan hanya sebatas itu, bir dapat meningkatkan kondisi ginjal dengan mengurangi potensi berkembangnya batu ginjal sebesar 40%.

Rencanakan Kegiatan Akhir Pekan

Setelah sibuk bekerja, tentunya setiap orang ingin melakukan hal yang menyegarkan. Hal-hal tersebut tidak mesti mahal. Main board game, mengajak anjing jalan-jalan, dan makan segelas eskrim pun dapat menyebabkan hati tenang dan pikiran senang. Jangan terpaku hanya pada pekerjaan dan mengabaikan kesehatan mental dan tubuh kita.

Olahraga

Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Terutama bagi pekerja kantor yang diharuskan duduk berjam-jam sehari, penyakit rentan menerpa. Oleh karena itu, krusial bagi Anda untuk menjaga jasmani agar tetap fit. Olahraga tidak harus mahal dan tidak berarti hanya bisa dilakukan di pusat kebugaran. Bangun lebih pagi dan meluangkan 30 menit lari mengelilingi komplek sangat menyegarkan. Apalagi sangat banyak video tutorial at-home exercises yang bisa ditemukan di internet.

Tunggu apalagi? Buat hari Anda jadi lebih baik!

Sumber:
https://www.rd.com/home/cleaning-organizing/successful-people-work/
https://www.huffingtonpost.com/2013/11/13/successful-people-after-work_n_4235795.html
Observer