Kopi adalah bagian dari rutinitas pagi bagi banyak pekerja kantoran. Kebanyakan orang tidak dapat berada dalam kondisi siap bekerja dengan baik tanpa meminum terlebih dahulu secangkir kopi di pagi hari. Pertanyaannya, apa yang Anda sendiri minum ketika bangun di pagi hari – secangkir kopi atau segelas air putih?

Bahkan, lebih dari separuh penduduk Amerika Serikat adalah peminum kopi. Namun, menurut Harvard University, ada penelitian yang menunjukkan bahwa terlalu banyak minum kopi dapat memiliki efek berbahaya yang terkait dengan minuman, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Air putih haruslah menjadi hal pertama yang Anda minum di pagi hari dan hal terakhir yang Anda konsumsi sebelum pergi tidur di malam hari. Mari kita lihat penelitian dan fakta apa saja yang terkait dengan air putih dan manfaatnya untuk kesehatan.

1. Membantu Menjaga Jumlah Cairan Dalam Tubuh

Tubuh manusia sekitar 60%-nya adalah air. Kehadiran air dalam tubuh Anda sangat penting untuk mengangkut nutrisi, menjaga suhu tubuh Anda, sirkulasi darah, menciptakan air liur dan air mata, pencernaan, dan sejumlah fungsi lainnya.

Gagal untuk tetap terhidrasi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang signifikan. Bahkan, menurut penelitian, mengemudi setelah gagal minum air yang cukup dapat menjadi seserius mengemudi saat mabuk.

2. Memulai Sistem Metabolisme Anda

Beberapa orang mungkin berpikir kopi membantu menggerakkan sistem metabolisme dan fungsi tubuh Anda dengan baik tetapi sebenarnya sebaliknya. Kopi membuat Anda cepat mengalami dehidrasi, dan pada akhirnya, membutuhkan lebih banyak air untuk tetap merasa bugar.

Minum air putih sebelum makan juga merupakan ide yang bagus karena itu membuat Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori. Sangat penting untuk tetap terhidrasi sebelum Anda makan makanan Anda. Ini adalah cara Anda bisa menurunkan berat badan. Saat Anda lapar, cobalah minum segelas air dan lihat apakah Anda makan lebih sedikit. Ini mungkin kebiasaan yang baik untuk dilakukan jika Anda memang berencana untuk melakukan penurunan berat badan.

3. Air Menghaluskan Kulit Anda dan Membuatnya Selalu Tampak Muda

Jika Anda ingin terlihat tua dan keriput, minumlah banyak kopi. Kopi cenderung mengeringkan tubuh dan merupakan pencahar organik yang akan membuat Anda lebih sering pergi ke toilet. Akan tetapi, air putih adalah teman terbaik Anda untuk terlihat lebih muda dan merasa lebih sehat. Hidrasi adalah kunci untuk menjaga kulit yang sehat dan wajah bebas dari jerawat serta terhindar dari iritasi kulit lainnya.

4. Meningkatkan Performa Otot

Gagal minum air yang cukup dapat menyebabkan kadar elektrolit dalam tubuh Anda menurun. Tingkat elektrolit yang lebih rendah menyebabkan kelelahan otot yang kemudian menyebabkan kinerja otot yang buruk. Inilah mengapa sangat penting bagi para atlet untuk mengkonsumsi air dalam jumlah besar.

Jika Anda mendapati otot Anda terlalu cepat lelah, mungkin itu pertanda Anda belum minum cukup air.

5. Menjaga Kesehatan Ginjal Anda

Ginjal Anda adalah organ utama yang bertanggung jawab untuk membuang kotoran dari dalam tubuh. Namun, ginjal memerlukan sejumlah besar cairan tubuh untuk membuang limbah dari sel-sel Anda dan membuang limbah itu melalui urin.

Ketika Anda mengalami dehidrasi, tubuh Anda akan kurang efisien dalam membersihkan diri dari racun. Jika urin Anda berwarna gelap, itu mungkin tanda bahwa Anda mungkin perlu minum lebih banyak air.

6. Mengurangi Sakit Kepala

Kepala Anda berdenyut terus dan tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk menghindarinya. Dehidrasi sering dikaitkan sebagai penyebab utama sakit kepala. Dan sakit kepala yang berdenyut adalah cara lain tubuh Anda mungkin menandakan bahwa ia mengalami dehidrasi.

Lain kali, apabila Anda mengalami sakit kepala yang berdenyut, minumlah beberapa gelas air putih.

Sumber artikel:

whitewaternow.com

businessconnectworld.com

Sumber gambar:

sayidaty.net