• Tipe kepribadian DISC sering digunakan untuk menentukan cocok atau tidaknya kepribadian seseorang dengan suatu pekerjaan
  • Kepribadian Dominance yang menikmati memberi perintah dan mendominasi sesuai menempati posisi CEO
  • Influencer yang ekspresif berpotensi meraih sukses dalam bidang periklanan dan asuransi
  • Tipe ‘S’ yang menyukai kestabilan cenderung plegmatis dan dapat berkembang dalam pekerjaan sosial sedangkan tipe Compliance yang teliti cocok menjadi arsitek.
Belum tahu hasil kepribadian DISC Anda?
Cari Tahu Sekarang

Saat memilih karir, kecerdasan akademis bukanlah satu-satunya faktor penentu diterima atau tidaknya Anda dalam pekerjaan. Karena ternyata, sekitar 70 persen perusahaan papan atas masih mempertimbangkan menggunakan uji DISC dalam menentukan calon karyawan mereka. Tes kepribadian ini dapat membantu para pengusaha tersebut untuk mengetahui bagaimana Anda berfungsi di tempat kerja masing-masing. Hasil tes DISC dapat menentukan apakah Anda sesuai menempati posisi yang sedang dicari. Pekerjaan apa sajakah yang cocok bagi setiap tipe kepribadian?

Tipe ‘D’ (Dominance)

Individu dengan tipe kepribadian ini selalu ingin mendominasi di tempat kerja. Cenderung menikmati memberikan perintah kepada orang-orang, mereka memiliki dorongan dan fokus yang dibutuhkan untuk mencapai hasil yang mereka inginkan. Posisi pemimpin sangat cocok dengan tipe kepribadian satu ini. Pribadi dengan tipe ‘dominance’ gemar mengatur semuanya sendiri dan menjadi orang yang memutuskan segala hal penting untuk tim. Bahkan, posisi seperti CEO atau founder perusahaan pun dapat kamu coba karena kamu memiliki kemampuan yang alami sebagai seorang pemimpin yang handal di mana pun kamu ditempatkan.

Karir: Entrepreneur, penyiar, pemandu wisata, wirausahawan, agen real estate, dan lobbyist.

Tipe ‘I’ (Influencer)

Tipe kepribadian berikut ini bisa digambarkan sebagai kepribadian yang disukai orang-orang. Anda memiliki apa yang diperlukan untuk mempengaruhi orang sekitar karena dapat dengan mudah membicarakan berbagai topik dan mendekati mereka. Seseorang dengan kepribadian ini dapat sukses apabila menjadi seorang penjual karena mampu merayu orang supaya mereka yakin untuk membeli produk yang ditawarkan. Pilihan karir lain yang juga cocok adalah menjadi seorang pengacara. Pengacara harus dengan sigap dapat mempertahankan argumen dan memenangkan kasus kliennya nanti.

Karir: Trainer, manajer periklanan, penjual asuransi, guru TK, aktor, dan desainer interior.

Tipe ‘S’ (Steadiness)

Pasukan pemelihara perdamaian mirip dengan para pemikat. Umumnya, mereka adalah kepribadian yang disukai banyak orang. Orang suka berada di sekitar mereka karena mereka hampir tidak pernah menimbulkan masalah bagi orang lain dan cenderung menghindari konflik dengan orang lain dengan segala cara. Pilihlah karir di bidang HRD. Ini dikarenakan, Anda bisa dengan baik menjaga hubungan dengan semua orang. Sedangkan seorang HRD memang haruslah bisa menciptakan hubungan antar karyawan yang baik di perusahaan nantinya. Pilihan karir lain yang mungkin cocok ialah pengembang sistem bisnis dalam perusahaan. Sebagai seorang pengembang bisnis, Anda diharuskan untuk dapat mendengar keluh kesah orang lain dengan sistem bisnis yang dijalankan di perusahaan dan berusaha menemukan solusi terbaik untuk masalah itu supaya keadaan di kantor selalu kondusif dan positif.

Karir: Pekerja sosial, psikolog, perawat, programmer, petugas survey, dan dokter hewan.

Tipe ‘C’ (Compliance)

Anda ingin mengumpulkan fakta atau ide sebelum mengatakan dan berbagi sesuatu dengan semua orang. Suka berpikir mendalam dan memiliki kemampuan analisis yang baik adalah kekuatan Anda. Pekerjaan yang cocok untuk tipe kepribadian ini adalah penulis karena penulis adalah pekerjaan yang membutuhkan kecermatan yang tinggi dan kemampuan menganalisa yang baik. Kemudian ada lagi pilihan karir yang ideal yaitu menjadi seorang akuntan. Tentunya, akuntan perlu sangat cermat dan teliti dalam melakukan perhitungan uang karena uang tersebut menentukan keberlangsungan sebuah perusahaan.

Karir: Arsitek, ahli kimia, pilot, geolog, sejarahwan, dan peneliti lingkungan.

Ingin mendapatkan pekerjaan impian?
Daftar EKRUT

Sumber:
https://www.collegerecruiter.com/blog/2015/01/23/disc-personality-matters-job-search/
http://study.com/articles/best_jobs_for_people_with_the_d_personality_type_disc.html
https://www.tcss.net/site/handlers/filedownload.ashx?moduleinstanceid=19126&dataid=19811&FileName=DISC%20Jobs.pdf

Gambar:
https://positivepsychologyprogram.com/wp-content/uploads/2017/06/personality.jpg