Online dating atau kencan online seringkali menjadi metode pertemuan dua orang yang tidak memiliki waktu untuk bertemu banyak orang karena kesibukan kerja mereka. Sistem kencan online ini membantu mereka untuk dapat menemukan waktu untuk berkenalan dengan lawan jenis mereka dan memutuskan apakah memang orang tersebut bisa menjadi pasangan mereka. Begitu populernya pelayanan online dating ini hingga berbagai macam aplikasi bisa Anda coba. Namun, sebenarnya seberapa populer sih metode kencan online ini di kalangan pekerja kantoran? Mari simak ulasannya.

Sejarah singkat romansa kantor, menurut Moira Weigel, seorang sejarawan kencan dan penulis buku Labor of Love: “Pada usia 20-an, ketika Anda memiliki masuknya banyak wanita ke dalam jabatan dan posisi di bidang layanan, semua wanita mengatakan ‘Saya ingin menjadi seorang stenografer sehingga saya bisa menikahi atasan saya. “Dan itu diterima.” Meskipun banyak wanita juga meninggalkan pekerjaan tersebut karena kemajuan yang tidak diinginkan dari atasan mereka. Penerimaan romansa di tempat kerja terus berlanjut sampai tahun 1960an. Pada tahun 1964, Helen Gurley Brown, yang kemudian menjadi editor Cosmopolitan, menerbitkan bukunya Sex and the Office – sebuah “panduan untuk keuntungan dari trik merayu di kantor yang diperhitungkan masak – masak,” seperti yang dikatakan oleh Boston Globe.

Beberapa Fakta Menarik Seputar Online Dating

Menurut Aaron Smith dan Monica Anderson, dua orang peneliti untuk Pew Research Center, ada 5 fakta menarik mengenai online dating di kalangan penduduk Amerika, sebagai berikut:

  1. Online dating sudah bukan lagi hal yang dianggap stigma yang tabu oleh masyarakat Amerika
  2. Online dating banyak di ikuti oleh orang dewasa di Amerika di bawah umur 25 tahun dan juga orang – orang di umur akhir 50-an hingga awal 60-an
  3. Sepertiga dari orang-orang yang telah menggunakan jasa kencan online tidak pernah benar-benar berkencan dengan seseorang yang mereka temui di berbagai situs tersebut
  4. Satu dari lima para pengguna jasa online dating telah meminta orang lain untuk membantu mereka dalam membuat profil mereka
  5. 5% orang Amerika yang sudah menikah atau dalam hubungan berkomitmen mengatakan bahwa mereka bertemu jodoh mereka online.

“Sejak awal misi Feeld (sebuah online dating app) adalah untuk membuat masyarakat kita lebih menerima dan terbuka,” pendiri Feeld dan “chief inspiration officer” Dimo Trifonov mengatakan melalui email. “Anda dapat mengatakan bahwa Feeld dibuat untuk manusia yang berpikiran maju yang tidak menempatkan diri mereka dalam kerangka kerja yang telah ditetapkan.” Masyarakat telah “berusaha keras untuk membuat pekerjaan di tempat yang dingin ini dimana [kita] hanya mencari uang,” lanjutnya, “dan konsep membawa perasaan di sana mungkin membuat beberapa orang ketakutan. Memiliki perasaan untuk seseorang begitu manusiawi, mengapa orang harus terus mengabaikan mereka atau menyembunyikannya hanya karena masyarakat mengatakan demikian? ” (sumber: The Atlantic)

Berdasarkan studi yang diterbitkan pada tahun 2012, Orang-orang di tahun 80-an dan 90-an cenderung bertemu dengan pasangan mereka di tempat kerja saat mereka bertemu mereka di sebuah bar, dan metode itu merupakan yang kedua setelah bertemu dengan teman-teman.

Dikutip dari theatlantic.com, peningkatan keterbukaan terhadap percintaan kantor dan online dating di kalangan pekerja kantor mungkin sebagian disebabkan oleh fakta bahwa ada struktur yang ada untuk menangani pelecehan seksual, dan mungkin juga berasal dari sifat yang longgar dari banyak karyawan muda yang hidup akhir-akhir ini. Bekerja jarak jauh lebih umum dan diterima, dan banyak pekerja berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain daripada tetap berpegang pada satu perusahaan untuk keseluruhan karir mereka. Hal inilah yang membuat online dating dan juga romansa di kalangan pekerja kantor amat populer.

Sumber artikel:

https://www.theatlantic.com/technology/archive/2017/05/always-be-crushing/525177/

https://www.forbes.com/sites/lizryan/2015/02/14/yes-you-can-date-a-co-worker-heres-how/2/#5b8f1a25775a

Sumber gambar:

https://fthmb.tqn.com/tJ8WT1MdTOi0arTf80q_vSzHr0A=/768×0/filters:no_upscale()/186480751-56a4f2825f9b58b7d0da059c.jpg