Proses perekrutan memang bukanlah hal yang mudah. Seringkali proses ini mengharuskan para perekrut memiliki kemampuan menulis yang mumpuni agar iklan lowongan pekerjaan yang dibuat dapat menarik banyak pelamar yang berkualitas. Nah, berikut adalah beberapa tips menulis lowongan pekerjaan yang cantik supaya dapat menggaet minat talenta – talenta berkualitas untuk berebut mendapatkan posisi lowong yang Anda iklankan.

Pastikan Judul Atau Nama Posisi Yang Ditawarkan Jelas

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah judul pekerjaan. Biasanya ini adalah hal pertama yang akan dilihat oleh calon pelamar pekerjaan dari iklan lowongan Anda. Jika tidak masuk akal, pembaca akan melewatkan iklan Anda begitu saja, yang berarti semua usaha penulisan iklan pekerjaan Anda sia – sia. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga agar semuanya tetap sederhana dan mudah dipahami ketika harus menulis judul posisi yang ditawarkan, yang berarti menggunakan judul pekerjaan yang umum dipahami, setidaknya di iklan Anda.

Jangan Melebih – lebihkan Suatu Lowongan Pekerjaan

Bila pekerjaan terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, umumnya hanya dan akan menarik pelamar yang mudah tertipu, tidak realistis dan sudah putus asa dengan pencarian kerja mereka. Jika Anda ingin mencari talenta untuk mengisi posisi Asisten Perkantoran atau Account Clerk, Anda mungkin tidak boleh menulis judul seperti misalnya “Pekerjaan Seumur Hidup”. Terkadang lowongan pekerjaan yang terbaik hanyalah yang tetap sederhana saja. Contoh sederhana adalah misalnya: “Office Manager – 3 hari/minggu. Ideal untuk ibu yang bekerja.”

Beritahu Latar Belakang Singkat Perusahaan Anda

Selanjutnya Anda perlu menggambarkan perusahaan – tapi tidak terlalu mendetil.

Anda tidak ingin pembaca merasa senang dengan perusahaan dan kemudian tidak memiliki hubungan dengan peran sebenarnya. Ingatlah bahwa ini adalah iklan lowongan pekerjaan. Anda menginginkan seseorang yang dapat melakukan pekerjaan yang dimaksud.

Informasi yang Anda sertakan dalam deskripsi tugas sebenarnya dan profil kandidat ideal harus disertakan. Pilih keterampilan utama, kompetensi inti dan ukuran kinerja atau keberhasilan yang paling relevan dan sertakan juga hal – hal tersebut. Di sinilah Anda akan dapat memilah pelamar yang sebenarnya tidak sesuai dengan peran yang ditawarkan.

Tebalkan Kata – Kata Kunci Pada Lowongan Anda

Menebalkan kata kunci dan poin penting dalam spesifikasi lowongan pekerjaan Anda akan meningkatkan kualitas pelamar yang tertarik pada iklan Anda. Mengapa? Karena ketika calon pelamar membaca deskripsi pekerjaan secara penuh, mereka mengerti apa yang benar-benar penting dan memahami persyaratannya.

Tambahkan Gambar

Ketika ditanya apakah mereka akan lebih tertarik pada perusahaan dengan iklan lowongan pekerjaan yang mencakup unsur visual (gambar atau video), daripada perusahaan dengan informasi lowongan pekerjaan yang tidak memiliki gambar, 51% responden mengatakan akan lebih tertarik pada perusahaan dengan informasi lowongan pekerjaan yang memiliki elemen visual di dalamnya.

Masukkan Detil Gaji di Iklan Lowongan Kerja Anda

Setelah persyaratan utama pekerjaan dicantumkan, berdasarkan survei, 72% pencari kerja melihat informasi gaji terlebih dahulu. Rincian gaji menarik calon pencari kerja karena mereka bisa langsung mengetahui jika mereka tidak membuang-buang waktu mereka dengan mengajukan permohonan untuk peran yang tidak memenuhi persyaratan keuangan mereka. Namun, ingatlah untuk memasukkan hal ini di akhir. Idealnya, Anda ingin memberikan kandidat Anda kesempatan terlebih dahulu, kemudian memperkuatnya dengan rincian utama seperti informasi gaji nanti.

Cantumkan Lengkap Informasi Kontak Yang Dapat Dihubungi

Ini dapat membantu Anda memisahkan kandidat yang tidak sesuai dengan kriteria yang dicari di awal proses perekrutan. Anda bisa belajar banyak mengenai calon pelamar lewat telepon.

Sumber artikel:

socialtalent.com

recruitloop.com

Sumber gambar:

dreamstime.com