Pernahkah Anda berpikir untuk membawa makan siang saat bekerja? Anda wajib melakukannya! Membawa bekal ke kantor, selain menghemat uang juga dapat menurunkan berat badan yang secara berturut-turut membuat tubuh Anda semakin sehat. Selain itu, membawa makan siang ke kantor juga bisa menjadi salah satu cara untuk memastikan asupran nutrisi Anda setiap hari. Yuk simak 5 manfaat membawa bekal makan siang ke kantor berikut ini!

Anda mengkonsumsi lebih sedikit lemak, garam, dan gula

Mengkonsumsi bekal yang sudah Anda kemas dari rumah seringkali merupakan opsi yang lebih sehat dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan yang disajikan di tempat lain.

“Ketika kita membeli makanan dari tempat-tempat takeaway, restoran, kafe, warung makan di pinggir jalan dan hotel sekalipun kita pasti mengkonsumsi lebih banyak lemak jenuh, garam dan gula, serta mendapat asupan energi yang tinggi juga,” kata Themis Chryssidis, ahli diet terakreditasi dan juru bicara untuk Asosiasi Dietitians Australia.

Jadi, pastikan Anda membawa bekal makan siang yang sudah disiapkan, menggunakan bahan – bahan organik segar tentunya.

Membantu melawan rasa malas kerja yang biasanya muncul menjelang sore hari

Manfaat lain dari mengisi tubuh kita dengan makan siang yang bergizi adalah untuk membantu mengurangi dorongan untuk mengkonsumsi makanan ringan di sore hari yang tinggi gula dan dapat membuat fisik Anda merasakan kantuk saat dikonsumsi berlebih.

“Alasan mengapa makan siang sangat penting adalah karena, setelah makan siang yang tidak sehat, tubuh Anda akan memerlukan istirahat dan dengan demikian menjadi malas untuk bekerja,”┬ákata Chryssidis.

Mendukung rencana penurunan berat badan Anda

Menurut Isabel Smith, membawa bekal ke kantor mungkin dapat membantu Anda mengurangi berat badan beberapa kilogram. Membawa makanan dari rumah sama artinya dengan mengkonsumsi lebih sedikit kalori karena ukuran porsi makan yang lebih terkontrol. Saat memasak di rumah dan mengemas makan siang Anda, pastikan untuk menyiapkan porsi untuk salad, minyak, kacang, biji-bijian dan makanan berkalori tinggi lainnya yang masuk akal, sambil meningkatkan jumlah makanan rendah kalori seperti sayuran dan buah-buahan untuk dimasukkan ke dalam menu makan siang Anda.

Lebih produktif

Dengan membawa makan siang dari rumah berarti Anda tidak harus mengantri dengan rekan kerja Anda yang lain untuk membeli makanan di luar kantor. Ini berarti Anda jadi memiliki lebih banyak waktu untuk bersantai dan menikmati makanan Anda tanpa terlalu terburu-buru. Anda juga dapat menggunakan waktu ekstra ini untuk bermeditasi, berjalan-jalan, atau melanjutkan proyek kerja yang harus diselesaikan hari itu.

Menjadi lebih sehat

Seperti dilansir dari health.com, bekal dari rumah adalah makanan yang telah ditakar porsinya sehingga tak pernah berlebih. Dan lagi, bekal juga bisa Anda atur jumlah nutrisinya seperti misalnya perbanyak sayuran segar sehingga pastilah lebih sehat bagi tubuh Anda. Apabila Anda membawa bekal tiap hari, tentunya gaya hidup sehat ini membantu tubuh menjadi lebih bugar dan jarang terserang penyakit sehingga bisa bekerja dengan lebih maksimal di kantor.

 

Sumber artikel:

weightlossresources.co.uk

health.com

huffingtonpost.com.au

rebootwithjoe.com

Sumber gambar:

nbccongrescentrum.nl