Di Indonesia, Hari Buruh atau May Day diperingati pada 1 Mei. Selain Indonesia, ada pula beberapa negara yang menjadikan Hari Buruh sebagai hari libur nasional. Para wisatawan juga dapat menyaksikan pawai atau kegiatan massa yang digelar.

Peringatan Hari Buruh di berbagai negara

Setiap negara memiliki sejarah dan latar belakang peringatan hari buruh masing-masing. Setidaknya ada 80 negara yang merayakan Hari Buruh dan meliburkan pekerjanya. Di Benua Amerika, negara-negara yang menjadikan Hari Buruh Internasional sebagai hari libur nasional, antara lain Argentina, Kuba, Brazil, Chile, Kolumbia, Kosta Rika, Ekuador, El Salvador, Guatemala, Meksiko, Panama, Peru, Uruguay, dan Venezuela.

Hari Buruh di Kuba

Peringatan hari buruh di Kuba merupakan salah satu momen terpenting. Hari buruh di sana disebut sebagai ‘el dia del trabajo’. Ribuan buruh berdemo di kota-kota besar, seperti Havana dan Santiago de Cuba. Pada 2011, perwakilan buruh dari 73 negara dan 167 organisasi sosial bergabung dalam gerakan ini.

Hari Buruh di Asia

Di Benua Asia, negara-negara yang meliburkan para pekerja saat Hari Buruh adalah Bangladesh, Kamboja, Hong Kong, Irak, Myanmar, Nepal, Pakistan, Singapura, Filipina, Sri Lanka, Jepang, Suriah, Taiwan, Thailand, Korea Utara, Vietnam, Singapura dan Indonesia. Beberapa negara seperti Iran dan Korea Selatan juga memperingatinya, tapi tak meliburkan para pekerja.

Hari Buruh di Eropa

Di Eropa, sejumlah negara yang meliburkan para pekerja, adalah Austria, Belgia, Bulgaria, Kroasia, Republik Ceko, Finlandia, Prancis, Norwegia, Romania, Jerman, Rusia, Turki, dan Inggris. Di Jerman, demonstrasi dilakukan oleh beberapa buruh independen. Para pria biasanya mengenakan baju Bavarian serta membawa tiang berwarna biru dan putih.

Hari Buruh di Rusia

Di Rusia, Hari Buruh dirayakan secara ilegal sebelum tahun 1917. Hari Buruh menjadi hari libur penting bagi masyarakat Uni Soviet dan dirayakan dengan pawai di beberapa kota besar yang dilanjutkan dengan pawai di Red Square, Moskow. Sejak 1992, Hari Buruh di sana disebut sebagai The Day of Spring and Labour.

Hari Buruh di Turki

Turki adalah salah satu negara yang memiliki sejarah kelam terkait Hari Buruh. Pada 1977, sekelompok aktivis tak dikenal menembak kerumunan dari berbagai arah saat para buruh sedang berdemo. Pada tahun-tahun berikutnya, ada saja buruh yang meninggal karena bentrok dengan polisi.

Hari Buruh di Afrika

Di Benua Afrika, negara-negara yang meliburkan pekerjanya adalah Mesir, Kenya, Libya, Maroko, Afrika Selatan, Tanzania, dan Tunisia.

Hari Buruh di Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, Hari Buruh telah berganti nama dari Americazination Day, Loyalty Day, lalu menjadi Law Day. Sampai saat ini, ratusan ribu buruh berdemo setiap tahun di Union Square, New York. Dua kota besar lain yang jadi pusat aksi unjuk rasa adalah Chicago dan Seattle.

Sumber:
detik.com