Dari astronot hingga para pemimpin dunia, berbagai penghargaan telah diberikan untuk Stephen Hawking, fisikawan Inggris dan penulis yang telah meninggal dunia pada usia 76 tahun.

Theresa May memuji “kecemerlangan Hawking” dan kontribusinya terhadap pemahaman kita tentang alam semesta selama disodori berbagai pertanyaan oleh perdana menteri tersebut. (sumber: Guardian)

Demikian pula Jeremy Corbyn, pemimpin Partai Buruh, mengatakan kepada Guardian bahwa Hawking “mengilhami dunia” serta memuji caranya berkampanye untuk NHS.

Berikut beberapa alasan mengapa Anda perlu merasa kehilangan akan seorang yang inspiratif seperti Stephen Hawking.

  1. Hawking mendapatkan beasiswa ke Oxford, mencapai nilai yang hampir sempurna dalam ujian Fisika dalam prosesnya meraih beasiswa tersebut. Beliau akhirnya memperoleh gelar PhD di bidang matematika terapan dan fisika teoritis, yang mengkhususkan diri pada relativitas umum dan kosmologi dari Cambridge.
  2. Didiagnosis dengan ALS (amyotrophic lateral sclerosis) pada usia 21, dokter hanya memberinya prediksi untuk hanya beberapa tahun saja dapat bertahan hidup. Meski terus menggunakan kursi roda dan lumpuh, Hawking ternyata mampu bertahan hidup lebih lama dari prediksi para dokter tersebut.
  3. Buku Hawking yang berjudul “A Brief History of Time”, dianggap sebagai salah satu karya ilmiah terbesar pada zaman modern, dan telah terjual lebih dari 10 juta kopi sampai saat ini.
  4. Dengan sesama fisikawan, Roger Penrose, Hawking menggabungkan teori relativitas Einstein dengan teori kuantum untuk membentuk teori singularitas, yang membuktikan keberadaan dan teori akan bagaimana alam semesta mungkin dimulai.
  5. Bersama James Bardeen dan Brandon Carter, Hawking menemukan empat hukum mekanika lubang hitam.
  6. Pada tahun 1974, Hawking membuktikan bahwa lubang hitam memancarkan radiasi, yang mungkin berlanjut sampai mereka menghabiskan energi dan menguap.
  7. Bersama dengan James Hartle, Hawking menerbitkan sebuah model yang menyatakan bahwa konsep waktu tidak ada sebelum Big Bang dan karenanya konsep awal alam semesta tidak ada artinya. Ini masih merupakan salah satu teori paling menonjol tentang keadaan awal alam semesta.
  8. Dengan Thomas Hertog pada tahun 2006, dia mengusulkan sebuah teori “kosmologi top-down“, yang mengatakan bahwa alam semesta tidak memiliki satu keadaan awal yang unik namun merupakan superposisi dari banyak kondisi yang mungkin terjadi. Itulah sebabnya kita tidak bisa mempelajari awal alam semesta. Dengan menetap di titik awal, kita hanya bisa menyimpulkan dari tahap akhir misalnya hari ini.
  9. Pada tahun 1974, Hawking menjadi salah satu orang termuda yang terpilih menjadi anggota Royal Society of London. Pada tahun 1982 beliau diangkat menjadi Panglima Orde Kerajaan Inggris (CBE) oleh Ratu, dan kemudian mendapat Medali Kebebasan Presiden AS.
  10. Stephen Hawking menerima banyak penghargaan sepanjang hidupnya, atas kontribusinya terhadap sains, namun entah bagaimana tidak pernah dianugerahi Hadiah Nobel.
  11. Pada tahun 2007, Hawking dan putrinya Lucy berkolaborasi untuk menulis ‘George’s Secret Key to the Universe’, sebuah buku fiksi anak-anak yang menjelaskan gagasan ilmiah yang cenderung berat kepada anak-anak secara lebih sederhana dan mudah dipahami.
  12. Pada tahun 2007, meskipun dirinya lumpuh, Hawking melayang pada gravitasi nol yang disimulasikan pada usianya yang ke 65. Dia mengalami rasanya memiliki bobot ringan seperti di ruang angkasa dan bahkan melakukan backflips, semua demi mengetahhui apa saja yang dibutuhkan manusia jika ingin bertahan hidup di ruang angkasa.
  13. Hawking telah mencapai reputasi dunia dan terkenal, menjadi pahlawan matematika dan ilmuwan sains dengan penampilannya sebagai dirinya sendiri dalam acara seperti “Star Trek: The Next Generation” dan “The Simpsons.”

 

Sumber artikel:

Guardian.com

Indiatimes.com

Sumber gambar:

siliguritimes.com