WhatsApp pada hari Kamis yang lalu meluncurkan aplikasi WhatsApp Business secara terpisah di beberapa negara. Aplikasi yang tersedia untuk pengguna Android melalui Google Play Store ini memberikan platform bisnis untuk terhubung dengan 1,3 miliar pengguna WhatsApp di seluruh dunia. Ini bertujuan untuk memudahkan perusahaan kecil, khususnya, untuk menjangkau orang-orang untuk mempromosikan bisnis mereka.

Aplikasi WhatsApp Business saat ini bebas iklan dan digunakan secara gratis, namun perusahaan tersebut berharap dapat memonetisasinya di masa mendatang. WhatsApp dalam posting blognya menyoroti bahwa aplikasi tersebut akan membantu usaha kecil di negara-negara berkembang seperti India dan Brasil untuk terhubung dengan orang-orang. Intinya, orang akan bisa berinteraksi dengan perusahaan dengan cara yang mirip seperti halaman Facebook. Aplikasi ini tidak hanya akan membawa interaksi bisnis-pelanggan ke tingkat yang lebih pribadi dengan percakapan real-time namun juga akan membantu usaha kecil memperluas jangkauan mereka.

Berikut beberapa hal lain yang perlu Anda ketahui perihal WhatsApp Business ini.

  1. Aplikasi WhatsApp Business saat ini tersedia di Indonesia, Italia, Meksiko, Inggris dan Amerika Serikat. Anda, para pemilik usaha, dapat mengunduh aplikasi Android ini melalui Google Play Store.
  2. Ada fitur Business Profile di aplikasi ini yang yang akan membantu pelanggan dengan informasi bermanfaat seperti deskripsi bisnis, alamat email atau toko, jam operasi dan situs web.
  3. Untuk komunikasi yang lebih cepat, aplikasi ini menawarkan alat pengirim pesan cerdas yang disebut ‘quick reply’ di mana bisnis dapat menetapkan pintasan kata kunci yang sesuai dengan pesan yang lebih panjang sehingga bisa mengetikkan “/jam” alih-alih “Kami buka dari jam 9 pagi sampai 6, kecuali akhir pekan. “
  4. Aplikasi ini juga menyediakan metrik untuk membantu bisnis mengetahui berapa banyak pesan yang telah dibaca dan juga memahami pesan mana yang berhasil diterima pengguna. Anda juga dapat mengirim dan menerima pesan dengan WhatsApp Business di desktop Anda.
  5. Pengguna WhatsApp umum yang tidak memiliki bisnis tidak perlu mengunduh aplikasi baru ini. Pengguna akan memiliki kontrol penuh atas pesan yang mereka terima dan dapat memblokir sejumlah pesan yang tidak diinginkan, termasuk bisnis. Mereka juga dapat melaporkan jika bisnis lain mulai melakukan spamming.
  6. Pada akhirnya, aplikasi ini akan menambahkan profil terverifikasi sendiri, disebut Confirmed Accounts setelah dikonfirmasi bahwa nomor telepon akun sesuai dengan nomor telepon bisnis.
  7. Meskipun menyoroti India sebagai salah satu pasar utama untuk WhatsApp Business, aplikasi ini saat ini tidak tersedia di negara tersebut. Perusahaan milik Facebook tersebut mengatakan bahwa aplikasi tersebut akan diluncurkan ke lebih banyak negara dalam beberapa minggu mendatang.

Sumber artikel:

https://www.linkedin.com/pulse/whatsapp-business-app-launched-heres-everything-you-need-nangalia/
https://www.indiatoday.in/technology/features/story/whatsapp-business-app-launched-everything-you-need-to-know-1149323-2018-01-19

Sumber gambar:

https://www.nacionrex.com/__export/1516323925095/sites/debate/img/2018/01/18/maxresdefault_x2x.jpg_1834093470.jpg