Instagram, sama seperti Facebook dan Twitter, telah menjadi salah satu platform media sosial terpopuler di Indonesia bahkan di hampir seluruh dunia. Banyak sekali pengguna Instagram berlomba-lomba untuk mengunggah foto dan video terbaik dalam momen-momen berharga sekaligus mencari followers baru. Namun, jika selama ini Anda perhatikan dengan seksama, Instagram tidak memiliki satu fitur seperti fitur yang terdapat di Facebook, yaitu fitur download data.

Instagram hadirkan fitur data download

Ya, jika Facebook memperbolehkan Anda untuk mengunduh data yang Anda simpan di sana, untuk cadangan misalnya. Lain halnya dengan Instagram yang sebelumnya tidak memiliki fitur ini. Akibatnya, foto dan video yang ditaruh di platform ini hanya dapat dilihat dan diberi komentar serta likes saja.

Namun jangan khawatir, ada kabar gembira. Instagram mencegah membludaknya data yang tersimpan di perusahaan dan membahayakan privasi para pengguna. Oleh karena itu, Instagram memutuskan untuk membuat fitur pengunduhan data.

Rencananya, para pengguna Instagram mulai bisa menggunakan fitur tersebut sebelum 25 Mei 2018. Hal tersebut dikarenakan adanya undang-undang privasi Eropa. Berdasarkan ketentuan hukum itu, ada data protabilitas yang harus dipatuhi. Dengan demikian, tak lama lagi Anda bisa mengunduh video, gambar, serta pesan teks yang pernah Anda unggah di akun media sosial itu.

Cara memakai fitur baru ini

Anda dapat menggunakan fitur ini dengan sangat mudah. Anda hanya perlu masuk ke bagian ‘Data Download’ dan mengisi alamat email yang diperlukan untuk mengaktifkannya. Email akan diterima dalam 48 jam. Setelah itu, data yang Anda inginkan tadi bisa diunduh ke perangkat elektronik.

Sumber:
makemac.com
theverge.com
socialreport.com
kompas.com
cnnindonesia.com
pcdn.co
techcrunch.com