Berhadapan dengan macet saat jam pulang kerja hampir tidak bisa dihindari, terutama bagi Anda yang bekerja di kota besar. Keadaan ini bisa membuat Anda frustasi apalagi bila Anda menggunakan kendaraan umum dimana Anda harus berdesak-desakkan dengan orang lain dalam waktu yang lama. Tapi jangan khawatir! Dengan melakukan hal-hal ini, Anda tidak hanya akan terhindar dari stress namun juga dapa meningkatkan produktivitas Anda.

1. Refleksikan hidup Anda

Waktu yang panjang di kendaraan umum dapat Anda gunakan untuk merefleksikan hidup Anda, atau paling tidak pencapaian Anda hari itu. Anda dapat memikirkan kembali apakah yang Anda lakukan selama ini sejalan dengan tujuan hidup. Anda juga dapat memikirkan kembali apa saja hal yang membuat Anda bahagia hari itu.

2. Merencanakan kegiatan esok hari

Menggunakan kendaraan umum membuat Anda dapat melakukan aktivitas lebih dibandingkan dengan menyetir kendaraan pribadi. Anda dapat merencanakan kegiatan-kegiatan apa saja yang ingin Anda lakukan esok harinya. Anda dapat menuliskannya di buku catatan ataupu menyimpannya di perekam suara. Hal ini dapat meningkatkan semangat Anda untuk menyongsong hari esok yang lebih baik.

Ingin sukses dengan pekerjaan impian?
Daftar Sekarang

3. Mendengarkan musik atau audio books

Anda dapat menemukan banyak penumpang kendaraan umum menggunakan alat pendengar musik di telinganya. Mendengarkan musik kesukaan memang kegiatan yang menyenangkan di kala macet. Selain mendengarkan musik, Anda juga dapat mendengarkan audio books yang saat ini mudah didapatkan dari berbagai aplikasi. Dengan begitu waktu yang Anda habiskan di jalan tidak akan terlalu terasa.

4. Bersosialisasi

Pekerjaan Anda di kantor mungkin menyita waktu Anda, sehingga Anda kurang bersosialisasi dengan lingkungan sekitar maupun di media sosial. Waktu panjang di kendaraan umum ini bisa Anda manfaatkan untuk mengobrol dengan orang di sebelah Anda. Mungkin saja Anda bisa mendapatkan informasi baru, inspirasi, dan juga menambah jaringan. Berhubungan dengan teman Anda di media sosial juga bisa menghindari Anda dari stress. Tapi tetap waspada dan hati-hati dengan copet, ya.

5. Bermain games yang dapat mengasah otak Anda

Bermain games juga salah satu alternatif untuk menghindari stress. Namun, selain bermain games populer seperti Candy Crush. Anda dapat mencoba games-games yang dapat mengasah otak seperti Sudoku, Unblock Me, atau 2048.

6. Rileks

Tinggalkan masalah pekerjaan sejenak dari pikiran Anda. Jadikan perjalanan pulang Anda menjadi kesempatan untuk relaksasi untuk meningkatkan produktivitas Anda esok hari.

 

 

 

Sumber:

http://www.businessinsider.com/how-to-make-the-most-of-your-commute-2014-3/?IR=T
https://www.rd.com/health/wellness/successful-people-think-commute/

 

Sumber gambar:

https://www.consumerhealthdigest.com/wp-content/uploads/2016/03/stay-healthy-commute-bus-walk-cycle-work.jpg