Banyak yang mengatakan cari kerja di era digital saat ini terbilang gampang-gampang susah. Sebagian orang merasa mudah, tapi tak sedikit yang mengeluhkan sulitnya mencari kerja. Namun, perkembangan digital itu ternyata melahirkan berbagai startup atau perusahan rintisan yang membuka peluang. Tak heran, millenials melirik peluang tersebut, apalagi para fresh graduate. Anda penasaran apa saja pertimbangan alasan millenials memilih bekerja startup? Yuk, simak penjelasan berikut!

Fleksibel

Kelebihan startup atau perusahaan rintisan yang menggiurkan bagi millenials adalah waktu yang fleksibel. Anda akan diberikan kesempatan untuk dapat bekerja di mana saja tanpa batasan jam kerja, selama pekerjaan Anda dapat diselesaikan tepat waktu. Bahkan, jam kerja pun juga fleksibel sehingga kebanyakan startup tak menerapkan sistem office hours. Menarik, bukan?

Bebas berekspresi dan berinovasi

Ingin kreativitas dan ide-ide Anda didengar atasan tanpa adanya peraturan yang kaku dalam menyampaikan pendapat? Startup bisa jadi jawabannya! Coba saja Anda bertanya pada orang-orang yang bekerja di starup, mereka tentu akan menjawab bahwa kerja di startup akan lebih memberikan ruang berekspresi. Bagaimana tidak? Anda bahkan bisa menyampaikan ide dan pemikiran langsung pada pemilik perusahaan. Asyik, bukan?

Kesempatan belajar lebih banyak

Memang sih, startup seringkali belum bisa dikatakan stabil secara finansial dan manajemen. Namun, kelebihan dari perusahaan rintisan ini, Anda akan mendapat banyak kesempatan belajar. Tak hanya belajar sesuai dengan bidang pekerjaan, tapi juga dari divisi lain lho! Selain itu, Anda juga diberi kesempatan untuk berkontribusi banyak bagi perusahaan dengan menyumbangkan ilmu dan ide Anda langsung. Ini tentu berbeda dengan perusahaan korporat yang lebih mapan dan Anda mungkin hanya belajar sesuai bidang pekerjaan Anda saja.

Rekan kerja masih tergolong muda

Kelebihan lain dari bekerja di startup adalah Anda akan merasakan seperti sedang kuliah kembali. Ini karena rekan-rekan kerja tergolong muda sehingga Anda akan merasa lebih senang. Biasanya startup mempekerjakan pegawai berusia muda, fresh graduate yang rata-rata masih di bawah usia 25 tahun.

Dresscode santai

Ingin bekerja dengan aturan yang tidak kaku dan santai? Bekerja di startup menjadi pilihan tepat. Kebanyakan millenials memilih bekerja di perusahaan rintisan salah satunya adalah karena peraturan dresscode yang santai dan nonformal. Anda bahkan bisa mengenakan t-shirt, celana kulot dan sendal jepit. Mengasyikkan, bukan?

Selalu up to date dan berhubungan dengan digital

Keunikan sekaligus kelebihan dari startup adalah Anda akan sering berhubungan dengan dunia digital dan up to date dengan teknologi serta media sosial. Jadi, Anda juga akan dituntut untuk melek dengan istilah-istilah teknologi dan perkembangannnya. Inilah keasyikan yang dilirik oleh millenials, karena Anda tak perlu khawatir mengecek media sosial di jam kerja atau browsing lewat internet, karena memang itulah bagian dari pekerjaan Anda di startup.

Jadi, setelah mengetahui alasan millenials memilih bekerja di startup, apakah Anda juga tertarik? Tentunya masing-masing jenis perusahaan memiliki kelebihan dan kekurangan. Anda bisa memilih perusahaan sesuai pertimbangan pribadi. Tetapi, jika Anda seorang fresh graduate yang belum memiliki riwayat kerja, bekerja di startup tentu akan menjadi pilihan menguntungkan dan membuat Anda berkembang.

Sumber :

https://www.dbs.com/indonesia-bh/blog/live-smart/5-alasan-memilih-perusahaan-startup-bagi-millennial.page
https://www.hipwee.com/list/6-alasan-generasi-milenial-bekerja-di-startup/

Keyword : kerja, startup, milenial, perusahaan rintisan