• Untuk menyiasati gaji yang sekedar numpang lewat, ada beberapa cara yang dapat Anda coba. Salah satunya ialah memperhatikan penggunaan kartu kredit.
  • Membuka rekening bank lain khusus untuk tujuan menabung akan menghindarkan Anda dari menabung hanya sisa gaji Anda setiap bulannya
  • Membayar tagihan seketika saat menerima gaji akan mencegah Anda membelanjakan uang untuk benda yang tidak diperlukan
  • Berinvestasi dalam saham dan emas merupakan langkah bijak untuk menyimpan uang

Setiap orang yang bekerja sadar bahwa gaji yang mengalir ke rekening Anda merupakan bayaran kerja keras tiap bulannya. Namun, setiap orang pasti pernah mengalami fenomena ‘gaji numpang lewat’. Sebelum mendapatkan gaji berikutnya, orang-orang ini kemungkinan besar akan bergantung pada kartu kredit mereka untuk membiayai gaya hidup mereka sehari-hari. Kartu kredit yang berfungsi sebagai metode pembayaran malah dijadikan ‘tambahan’. Sebelum kamu mulai berpikir untuk menyalahgunakan batas kartu kredit, ketahuilah tip efektif pengelolaan gaji berikut ini.

Laporan Keuangan Harian atau Mingguan

Kunci dari suksesnya pengelolaan uang adalah tegas dan disiplin. Anda tidak boleh goyah dari peraturan yang telah dibuat setelah menetapkannya, tidak peduli apa yang terjadi. Ini bisa mengajarkan disiplin dan pengendalian diri. Salah satunya metode pengontrolan diri ialah mencatat pengeluaran harian maupun mingguan Anda. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui ke mana sajakah uang Anda mengalir. Dari sana pula, Anda dapat menilai mana yang merupakan kebutuhan dan barang apa saja yang Anda beli hanya berdasarkan keinginan.

Buat Rekening Perbankan Lain Khusus Tabungan

Jika Anda memiliki kebiasaan untuk menghemat berapa pun jumlah gaji yang tersedia di rekening perbankan tunggal, mungkin ini saat yang tepat untuk membuka rekening bank lain hanya untuk penghematan. Dengan cara ini, Anda akan terbiasa menyisihkan sejumlah gaji bulanan (di awal gaji masuk) untuk menyimpannya di rekening yang baru dibuka. Bersikaplah ketat terhadap diri sendiri dan tahan godaan untuk mengeluarkan uang.

Ingin sukses dengan pekerjaan impian?
Daftar Sekarang

Buat Beberapa Investasi yang Bermanfaat

Investasi dapat bermanfaat di masa yang akan datang. Anda dapat menginvestasikan uang dalam bentuk asuransi, emas atau bentuk investasi lain. Uang Anda akan tetap tersimpan di satu tempat dan tidak bisa ditarik kapan pun. Hal ini akan mencegah Anda untuk mengeluarkan uang untuk membeli barang atas dasar ‘lapar mata’.

Bayar Semua Tagihan Terlebih Dahulu dan Batasi Penggunaan Kartu Kredit

Setelah menerima gaji, akan sangat jika tagihan segera dilunasi. Menghindari membayar tagihan di awal bulan akan membuat Anda tergoda menggunakan uang segar itu untuk berbelanja dan akhirnya gagal membayar tagihan tersebut. Kartu kredit dapat menyelamatkan namun juga dapat menjerumuskan Anda dalam hutang jika tidak digunakan dengan bijaksana.

Manfaatkan Aplikasi Pengelolaan Uang yang Tepat

Akhirnya, menggunakan alat yang tepat bisa membuat anggaran lebih efektif. Tidak ada satu anggaran terbaik. Apa yang baik bagi satu individu mungkin tidak bekerja dengan baik untuk orang lain. Namun, ada beberapa alat penganggaran yang benar-benar baik yang gratis atau sangat murah. Alat ini terhubung langsung ke rekening bank dan kartu kredit Anda untuk mengunduh dan mengkategorikan transaksi secara otomatis. Mereka juga hadir dalam aplikasi smartphone dan tablet, danĀ  memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana Anda membelanjakan uang.

Sumber artikel:
https://www.forbes.com/sites/robertberger/2015/07/26/7-tips-for-effective-and-stress-free-budgeting/2/#19fdfd3169a9
https://www.cermati.com/artikel/8-cara-cermat-mengatur-gaji-bulanan

Sumber gambar:
https://cdn0.tnwcdn.com/wp-content/blogs.dir/1/files/2014/04/counting-money.jpg