Apakah Anda saat ini sedang menganggur? Entah itu karena dipecat dari pekerjaan lama Anda atau memang sedang mencari pekerjaan pertama, menganggur adalah masa yang memang sangat tangguh bagi sebagian besar orang. Ini dikarenakan masa penantian yang panjang dalam mencari pekerjaan memang bukan masa yang mudah, apalagi bila Anda masih bergantung pada uang dari orang tua untuk biaya hidup selama menganggur. Perasaan bersalah dan depresi bisa saja menghampiri diri Anda. Nah, pada artikel kali ini, ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti guna menghalau stres yang bisa muncul selama masa Anda menganggur.

Dapatkan dan Manfaatkan Benefits Yang Anda Dapat Pasca Dipecat

Di pecat dari pekerjaan lama Anda memang menyakitkan, namun setiap seorang karyawan diberhentikan pastilah ada benefits yang bisa diklaim. Maka dari itu, buat keputusan untuk mengambil benefits yang memang merupakan hak Anda tersebut. Benefits tersebut nantinya dapat Anda gunakan untuk biaya hidup sehari-hari sementara Anda mencari pekerjaan baru.

Carilah Pekerjaan Baru Segera

Lengkapilah data sebaru mungkin di CV Anda. Ikutilah job fair. Atau bahkan temui koneksi-koneksi lama Anda untuk mendapatkan informasi seputar lowongan pekerjaan yang terbuka untuk Anda. Pencarian pekerjaan baru memang tak selalu mudah. Namun, dengan koneksi dan usaha, Anda pastilah akan mendapatkan jalan keluar dengan pekerjaan baru yang mungkin saja lebih cocok dengan diri Anda.

Jalani Pekerjaan Sambilan atau Proyek – Proyek Kecil Lainnya

Mungkin Anda memang mempunyai pekerjaan impian, namun bukan berarti pekerjaan lain tidak perlu Anda coba. Selama masa menganggur, tak ada salahnya jika Anda mengeksplor pekerjaan paruh waktu atau proyek – proyek kecil lainnya. Passion Anda yang lain mungkin bisa ditemukan justru ketika Anda mencoba kemungkinan lain di depan sana. Lagipula, Anda butuh uang untuk bertahan, kan?

Tambah Jumlah Tabungan Anda

Caranya bisa dengan menjual barang di rumah Anda yang sudah tidak terpakai. Mungkin saja barang – barang tadi dapat menghasilkan uang yang besar dan membantu menambah jumlah tabungan sementara Anda sedang melakukan pencarian kerja baru.

Jangan Berhenti Dari Aktivitas Menyenangkan

Selama ini Anda mungkin suka berolahraga untuk menghilangkan kepenatan sehabis kerja di kantor. Nah, setelah sekarang Anda menganggur, bukan berarti Anda juga harus sama sekali berhenti melakukan aktivitas menyenangkan. Justru aktivitas semacam ini dapat membantu Anda menghilangkan kejenuhan dan stres ketika pencarian kerja baru belum juga berbuah hasil yang berarti.

Sumber artikel:

http://www.businessinsider.com/7-tips-to-survive-unemployment-2012-10/?IR=T
https://www.huffingtonpost.com/stephen-viscusi/demoralized-by-your-wife_b_270822.html

Sumber gambar:

http://drexel.edu/~/media/Images/now/release_images/July%202014/iStock_000016004829Large-pr2.ashx