Dalam sebuah wawancara, ada begitu banyak pertanyaan yang ditanyakan oleh seorang pewawancara untuk menilai keseluruhan aspek Anda sebagai seorang individu yang dapat atau tidak dapat memenuhi syarat untuk dipekerjakan untuk posisi tertentu. Anda mungkin bingung bagaimana menjawab beberapa pertanyaan ini karena rumit. Salah satu pertanyaan rumit ini adalah pertanyaan: “Di mana Anda melihat diri Anda dalam lima tahun dari sekarang?” Oleh karena itu, bagaimana Anda dapat menjawab pertanyaan khusus ini?

Meneliti dan menjabarkan jenjang karir sebelumnya

Lakukan penelitian menyeluruh sebelum Anda menghadapi wawancara dan menanggapi pertanyaan ini. Beberapa perusahaan akan membuat daftar gambaran besar tentang garis karier untuk posisi yang Anda inginkan di situs web mereka. Namun, bila situs web tidak mengandung informasi tersebut, Anda bisa melihat posisi serupa di beberapa perusahaan lain untuk mendapatkan sekilas jalur karir. Jenis pengetahuan ini penting untuk Anda miliki. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk menanggapi pertanyaan wawancara dengan bermartabat dan memiliki kredibilitas. Selain itu, Anda bisa menjelaskan bagaimana kemampuan Anda bisa membuat Anda sangat cocok untuk melakukan pekerjaan dalam jangka panjang.

Mulailah dengan menjelaskan minat Anda dengan posisi itu

Ketika Anda harus menjawab pertanyaan ini, mulailah dengan menyatakan minat Anda tentang posisi itu. Jelaskan kepada pewawancara Anda betapa bersemangatnya Anda tentang menguasai posisi sebelum pindah ke posisi yang lebih tinggi dalam jalur karier posisi itu. Ingat untuk menggunakan informasi yang telah Anda teliti sebelumnya untuk membuat jawaban Anda terdengar lebih rumit.

Tekankan pada penguasaan bila tidak ada jalan karir yang jelas

Beberapa posisi mungkin tidak memiliki jalur karir yang jelas yang bisa Anda tapaki. Ketika hal ini terjadi, Anda dapat menekankan jawaban Anda tentang bagaimana Anda ingin menjadi tuan dalam posisi sebagai tujuan untuk diri Anda di masa depan dalam lima tahun dari sekarang. Anda juga bisa menjelaskan kepada pewawancara tentang komponen pekerjaan di mana Anda bisa menjadi orang yang hebat.

Tetapkan sasaran atau hasil yang bisa Anda berikan untuk perusahaan

Cara lain untuk menjawab pertanyaan wawancara yang satu ini adalah dengan menjelaskan apa dampak atau hasil yang dapat Anda bawa ke perusahaan ketika Anda dipekerjakan untuk posisi itu. Hubungkan jawaban ini dengan keterampilan yang Anda miliki serta minat Anda untuk membuat jawaban yang rumit dan kredibel. Intinya adalah menjadi diri Anda sendiri dalam menjawabnya karena beberapa perusahaan dapat mencium apakah Anda jujur atau tidak dengan jawaban yang Anda berikan.

 

Sumber artikel:

thebalance.com

themuse.com

Sumber gambar:

jasoncarrwrites.com