Membangun bisnis memang bukan perkara mudah. Anda perlu banyak melakukan riset sebelum serius mendirikan bisnis tersebut. Anda juga harus tahu bagaimana cara meningkatkan nilai bisnis Anda di mata para klien. Dengan demikian, bisnis dapat berkembang dan dikenal oleh lebih banyak orang yang otomatis dapat meningkatkan keuntungan. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk dapat menaikkan nilai bisnis Anda.

Evaluasi bisnis dan perusahaan Anda

Pertama, sadari kesulitan Anda dalam menciptakan produk atau layanan yang bermanfaat, tidak mudah ditiru, dan dikomoditasi perusahaan lain. Kedua, ciptakan beberapa strategi untuk meningkatkan pendapatan berilang dan mengatasi keterbatasan komoditas.

Scott Barth, konsultan bisnis dari Wheat Ridge, Colorado, menyarankan untuk mengadakan inovasi berkelanjutan, segmentasi, serta peringkat disiplin dari tipe pelanggan A, B, C, D, layanan bernilai tambah, sistem paket, pemisahan, membantu pelanggan mengukur nilai solusi perusahaan Anda, dan mengkompensasi penjualan pada margin laba dibandingkan dengan pendapatan penjualan.

Tidak semua strategi ini mungkin sesuai untuk perusahaan Anda. Strategi lain, yang tidak disebutkan oleh Scott, mungkin lebih cocok untuk dijalankan perusahaan Anda. Memilih strategi terbaik dan menggabungkannya ke dalam rencana pertumbuhan mungkin akan sangat penting untuk keberhasilan dalam meningkatkan nilai perusahaan Anda.

Kurangi konsentrasi pelanggan

Setiap bisnis dengan piutang atau penjualan tunai dari satu pelanggan melebihi 15 persen dari total piutang tunduk pada penilaian risiko penurunan nilai dari bank dan pemberi pinjaman lainnya. Jika penjualan tidak dapat tersebar di seluruh basis pelanggan yang lebih luas, cobalah membuat sebanyak mungkin lapisan perlindungan antara Anda dan pelanggan dengan menandatangani beberapa kontrak berjangka dengan tanggal kedaluwarsa yang tidak menyulitkan. Dengan cara ini, jumlah penjualan yang tinggi dapat dipecah menjadi potongan kontrak yang lebih kecil.

Tinjau kembali rantai pasokan Anda

Menganalisis rantai pasokan pembelian dan menerapkan solusi e-procurement adalah cara yang baik untuk menghemat biaya. Carilah solusi yang dapat meninjau pembelian di setiap departemen dan menghilangkan proses yang lebih mahal untuk melibatkan vendor dengan volume lebih kecil. Meskipun pemasok utama seringkali menjadi penyelamat dalam hal ini, penting juga untuk menempatkan pemasok cadangan sebagai cara untuk membuat semua orang tetap jujur dan lebih kompetitif.

Ciptakan kemampuan untuk menaikkan skala perusahaan

Bisnis yang skalanya dapat dinaikkan adalah bisnis di mana margin laba meningkat ketika pendapatan meningkat. Margin keuntungan meningkat karena biaya tidak meningkat sejalan dengan peningkatan pendapatan. Misalnya, sebagian besar perusahaan layanan pengacara profesional, tidak terlalu dapat diubah skalanya mengingat pendapatan mereka bergantung pada tarif tagihan tiap individu pengacara. Untuk meningkatkan pendapatan, tingkatkan jumlah pengacara; dengan kata lain, biaya meningkat seiring dengan pendapatan.

Periksa sistem informasi perusahaan

Pemeriksaan dan perbaikan sistem informasi adalah faktor kunci keberhasilan yang harus dilakukan setidaknya sekali dalam setahun untuk memetakan kebutuhan perusahaan akan solusi terbaik di kelasnya. Dengan memiliki program teknologi informasi yang lebih komprehensif, Anda dapat mengurangi biaya tidak langsung lainnya juga, seperti CPA/audit, persiapan pajak, pembiayaan, dan biaya penyimpanan inventori, sambil meningkatkan nilai bisnis Anda kepada calon pembeli dan investor di garis depan.

Periksa kembali struktur inti dari bisnis Anda

Penting untuk memastikan bahwa bisnis Anda beroperasi dalam panduan industri tipikal untuk rasio utang vs ekuitas perusahaan yang sebanding. Jika sebagian besar perusahaan di industri Anda memiliki 40 persen utang yang tercatat di pembukuan sedangkan bisnis Anda memiliki 70 persen utang, penilaian Anda akan struktur kapital bisnis tersebut bisa sangat sulit dilakukan meskipun arus kas Anda dapat memenuhi kewajiban bunga. Para bankir, pembeli, dan investor akan senang melihat metrik standar yang seimbang antara utang vs ekuitas untuk membandingkan masa depan perusahaan Anda dengan praktik terbaik yang ada di industri yang sama.

 

Sumber artikel:

businessinsider.com

entrepreneur.com

forbes.com

Sumber gambar:

collab.net