Anda seringkali terlambat datang ke kantor karena bangun kesiangan? Atau susah tidur di malam hari sehingga waktu pagi Anda malah masih terlelap? Jika hal – hal tersebut Anda alami, maka tak ada salahnya Anda mulai mencoba beberapa tips supaya tidur lebih baik dan cepat sehingga tidak lagi terlambat ke kantor keesokan harinya.

Tidur dan Bangunlah Dalam Waktu Teratur Setiap Hari

Matthew Walker, seorang profesor neuroscience dan psikologi dari UC Berkeley, menuturkan bahwa untuk dapat terlelap lebih cepat dan mendapatkan kualitas istirahat yang cukup selama 8 jam sehari, Anda harus membuat hal ini sebagai suatu kebiasaan. Biasakan diri Anda untuk tidur pada jam yang sama setiap harinya, termasuk saat weekend sehingga Anda akan terbiasa bangun pada jam yang sama pula. Tidak ada lagi terlambat ke kantor bila Anda sudah terbiasa melakukan hal ini.

Minimalisir Jumlah Cahaya Pada Malam Hari Menjelang Tidur

Gadgets dan berbagai teknologi canggih di jaman sekarang ini seringkali membuat Anda terjaga sepanjang hari. Sumber cahaya biru yang dipancarkan berbagai gadgets tersebut membuat otak Anda terus berpikir bahwa hari masih cerah dan malah sulit terlelap, seperti yang diungkapkan profesor Matthew Walker. Matikan semua gadgets Anda di malam hari jika Anda ingin segera tidur.

Buat Suhu Kamar Anda Agak Dingin

Secara biologis, tubuh manusia lebih mudah tertidur ketika suhunya agak dingin. Oleh karena itu, alangkah lebih baik apabila suhu ruangan Anda buat agak dingin supaya otak menjadi rileks dan siap untuk masuk ke fase tidur (sumber: Tech Insider).

Hindari Tempat Tidur Ketika Anda Sulit Terlelap

Menurut CNN.com, jika Anda masih juga terjaga dalam waktu yang lama walau Anda sudah berbaring di tempat tidur yang dikondisikan gelap dan agak dingin, Anda harus segera beranjak dari situ. Tinggalkan tempat tidur dan lakukan aktifitas seperti membaca buku dengan tenang hingga rasa kantuk itu datang. Setelah itu, baru Anda kembali ke kamar untuk benar-benar tidur.

Jangan Konsumsi Alkohol dan Kafein

Alkohol akan membuat tubuh Anda menjadi hangat sehingga sulit terlelap, sedangkan kafein adalah stimulan yang membuat otak terhambat dalam memproduksi melatonin atau hormon tidur. Jadi, Matthew Walker juga menghimbau untuk Anda menghindari konsumsi itu semua supaya bisa lebih cepat tertidur dan mendapat istirahat yang cukup.

 

Sumber artikel:

https://www.facebook.com/techinsider/videos/942721869259503/?hc_ref=ARTX0_qFLD99jXcwbawqXl59t99DPbwfzbSuyNXRML38-KL5v-mzd7tx1QZoqWVxcA8
https://edition.cnn.com/2015/04/22/health/fall-asleep-faster/index.html

Sumber gambar:

https://2cifs12chxqx3agryc2g13kr-wpengine.netdna-ssl.com/wp-content/uploads/2016/11/insomnia-1030×687.jpg