Individu yang introvert memang tidak banyak bicara dan terkesan pasif sehingga ketika di tempat kerja seringkali merasa tertekan dan tidak dapat berkontribusi maksimal untuk mendapat pengakuan dari atasan mereka. Namun demikian, bukan berarti individu introvert tidak dapat berprestasi luar biasa seperti yang lainnya. Jika Anda merupakan seorang introvert, ikuti beberapa tips berikut ini untuk dapat menunjukan kemapuan Anda lebih baik lagi di tempat kerja.

Hanya Memimpin Ketika Diperlukan

Kemampuan kepemimpinan adalah hal yang harus terus diasah. Sebagai seorang introvert Anda tetap dapat menjadi seorang pemimpin yang baik. Selalu berusaha memberi arahan dapat terasa seperti pengelolaan mikro kepada individu yang cerdas dan aktif, namun berada di sana pada saat dibutuhkan sambil memberikan arahan yang baik dapat membantu tim Anda lebih menghargai kata-kata Anda sebagai seorang pimpinan dengan kepribadian introvert, ujar Kenny Nguyen, perwakilan dari Big Fish Presentations.

Tetaplah Hadapi Semua Dengan Kalem

Orang introvert cenderung tertutup dan berperangai tenang. Di era ketika semuanya bergerak cepat, kemampuan untuk tetap tenang dalam keadaan yang penuh tekanan adalah keuntungan yang luar biasa. Jika Anda bertindak dengan tenang, orang lain akan merasa yakin dan akan percaya bahwa Anda dapat mengatasi tantangan tak terduga yang diberikan. Jadi ambil nafas dalam-dalam dan pertahankan ketenangan Anda, bahkan saat keadaan menekan.

Tunjukkan Passion Yang Total

Introvert tidak suka basa basi dan lebih suka membicarakan topik yang memang menarik untuk mereka. Temukan topik yang berkaitan dengan pekerjaan yang Anda sukai dan bangun koneksi dengan rekan di kantor. Bicarakan topik yang sudah Anda temukan tersebut dengan mereka dengan penuh antusiasme dan rekan – rekan akan mulai memperhatikan. (sumber: Forbes.com)

Utarakan Ide – Ide Anda

Randy Rayess dari VenturePact berpendapat bahwa terkadang introvert tidak akan nyaman mengutarakan ide mereka di depan orang banyak. Namun, untuk menjadi pemimpin yang lebih baik, Anda harus ekspresikan ide – ide dengan cara yang membuat Anda nyaman seperti misalnya lewat email atau blog.

Jadilah Diri Anda Sendiri

Mark Samuel dari Fitmark berujar, “Saya tahu banyak introvert yang merupakan pemimpin yang hebat. Hebat bersifat subjektif. Anda tidak perlu terus menerus berbicara di depan umum untuk menjadi pekerja yang hebat. Jadilah diri Anda sendiri.”

Bangun Koneksi Yang Bermakna

Fokuslah untuk membuat beberapa koneksi yang penuh makna. Ingatlah bahwa kualitas, bukan kuantitas, jauh lebih penting dalam membangun koneksi. Sebagai introvert tentunya berkolaborasi dengan sedikit orang jauh lebih mudah daripada harus berbicara di depan banyak orang. (sumber: Forbes.com)

 

Sumber artikel:

forbes.com

inc.com

Sumber gambar:

https://www.aconsciousrethink.com/wp-content/uploads/2016/02/introvert-worker-superpowers.jpg