Tanggal 7 April 2018 silam, EKRUT bersama Kenobi Space mengadakan diskusi panel berjudul “Women in Tech Indonesia: Breaking the Stereotypes” di Kenobi Space, Kemang. Kegiatan ini diisi oleh pembicara senior – terdiri dari Nia Sarinastiti, Inclusion and Diversity Lead di Accenture Indonesia; Elvira Simanjaya, Lead Software Quality Assurance Engineer Tokopedia dan Hanifah Azhar, Senior Product Manager & Lead of User Insights Happyfresh – dengan tujuan mendorong inklusi perempuan di industri teknologi agar mendapat porsi yang sepadan dengan kapabilitasnya.

Diskusi panel: Wanita juga bisa berkarya di dunia teknologi

EKRUT – badan perusahaan di bidang job marketplace dengan fokus pada industri informasi dan teknologi – sering kali mengalami kendala dalam menemukan talent-talent di bidang IT. Dengan demikian, kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong kaum hawa untuk terjun ke dunia teknologi dan menjawab stereotipe dominasi kaum pria dalam dunia teknologi.

Menyuarakan pendapat dan menunjukkan etos kerja yang baik merupakan kunci sukses berkarya di dunia teknologi

Para panelis menjelaskan beberapa ilmu yang dapat dibagikan kepada anak-anak muda dan kaum perempuan, seperti yang diungkapkan oleh Hanifah Azhar dan Elvira dan Simanjaya, pentingnya menyuarakan pendapat dan menunjukkan etos kerja yang baik dan efisien adalah kunci sukses agar dapat meraih posisi eksekutif di dunia teknologi. Hal lainnya yang ditambahkan oleh Nia Sarinastiti melalui sebuah penelitian dengan menunjukkan bahwa fleksibilitas dalam lingkungan kerja dapat meningkatkan produktivitas pekerjanya. Para panelis juga menceritakan bagaimana mereka masuk ke dunia teknologi dan mengatur serta melatih pola pikir strategis agar bisa maju, bertahan dan perlahan mengubah stereotipe di dunia teknologi.

EKRUT berharap dengan membuka diskusi mengenai masalah kesetaraan dan ketidakadilan ini, industri teknologi secara berlahan akan lebih inklusif dan tidak lagi melihat gender sebagai penghalang untuk memasuki dunia teknologi dan berkontribusi dan berinovasi di dalamnya.