Tiga bulan pertama kerja, bagi seorang karyawan baru bisa menjadi sebuah hal yang menantang. Mereka harus sebisa mungkin mendapatkan kepercayaan dari atasan baru mereka agar mendapatkan status sebagai pekerja tetap di kantor tersebut. Namun, bagi Anda yang siap untuk selalu menjadi orang sukses, tentunya ada beberapa hal yang biasa dilakukan ketika berada di lingkungan yang baru, termasuk dengan pekerjaan baru. Berikut 8 hal yang orang sukses biasa lakukan di tiga bulan pertama pada sebuah tanggung jawab baru.

Membuktikan Diri Tidak Tergantikan Dalam Tim

Untuk menjadikan diri Anda karyawan yang dapat dipercaya atasan, orang yang sukses akan terus menunjukkan keahlian mereka yang terbaik. Lagipula, pekerjaan tersebut tidak mudah mereka dapatkan. Akan tetapi, hindari membuat kesan bahwa Anda sombong.

Menyelesaikan 3 Tugas Pertama Dengan Sangat Baik

Dalam pekerjaaan baru, atasan Anda juga akan terus memantau untuk tugas apa saja yang dapat dia percayakan pada Anda. Oleh sebab itu, menurut abc10.com, 3 tugas pertama yang disodorkan pada Anda menjadi kuncinya. Jika dalam 3 bulan masa probation, Anda dapat paling tidak menyelesaikan dua atau paling banyak tiga tugas yang diberikan dengan cukup baik, Anda dapat dipastikan mendapat posisi yang tetap.

Mencari Mentor Yang Dapat Membimbing

Sebagai orang baru di kantor yang juga baru, orang yang punya mindset untuk sukses juga mencari mentor yang dapat membimbing mereka dan memberi masukan yang membangun seputar pekerjaan baru. Anda yang siap sukses pastikan bahwa Anda sudah memiliki mentor yang demikian pada 3 bulan pertama di pekerjaan baru. Mentor tersebutlah yang dapat mendorong Anda juga menjadi lebih baik dalam karir nantinya.

Bertemu Dengan Seluruh Divisi Yang Ada

Menjadi orang yang positif dan sociable juga dapat menjadi nilai tambah buat Anda saat baru menjajaki pekerjaan dalam masa probation. Meskipun Anda mungkin berkepribadian introvert tak ada salahnya untuk sekedar menyapa rekan – rekan baru Anda ketika berpapasan. Mereka pun akan menilai diri Anda sebagai pribadi yang positif dan dapat diajak bekerjasama.

Tidak Membuang Waktu

Para orang sukses pastilah mereka yang bekerja keras. Termasuk Anda yang mendapat masa probation untuk pekerjaan baru apapun posisi yang ditempati. Jika Anda ingin berhasil dan mendapat kepercayaan penuh dan tetap dari atasan, ada baiknya Anda tak pernah membuang waktu dengan bermain social media dan berfokus pada tugas yang diberikan.

Bereksplorasi Dengan Cara Baru Dalam Penyelesaian Masalah

Stewart Butterfield, CEO Slack, mengatakan kepada Adam Bryant dari The New York Times bahwa ia mendorong karyawannya untuk bereksperimen dan berinovasi.

“Saya merasa seperti orang-orang di usia awal hingga pertengahan 20-an sangat bersungguh-sungguh ketika bekerja,” katanya. “Mereka sangat serius, dan mereka ingin merasa bahwa mereka telah menyelesaikan banyak hal pada usia yang sangat muda daripada hanya mencoba untuk mencari tahu. Jadi saya mencoba mendorong mereka menuju sikap yang lebih eksperimental.”

Terus Memperbaiki Kebiasaan Mereka

Charles Duhigg, penulis “The Power of Habit,” menulis dalam bukunya:

“Biasanya, orang yang berolahraga mulai makan lebih baik dan menjadi lebih produktif di tempat kerja. Mereka merokok lebih sedikit dan menunjukkan lebih banyak kesabaran dengan rekan kerja dan keluarga. Mereka jadi lebih jarang menggunakan kartu kredit mereka dan mengatakan bahwa mereka merasa berkurang stresnya. Olahraga adalah kebiasaan kunci yang memicu perubahan secara luas.”

Kegiatan positif lainnya yang dapat meningkatkan pekerjaan Anda mencakup meditasi, menulis, melukis, atau membaca buku.

Memperbarui Sasaran Yang Ingin Dicapai Sesuai Ekspektasi Atasan

Setelah Anda memiliki waktu untuk berusaha menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, berkonsultasilah dengan manajer Anda untuk mengetahui apakah tujuan kerja Anda masih sesuai dengan ekspektasinya.

“Ini adalah kesempatan bagus untuk mendapatkan umpan balik lebih awal mengenai apa yang Anda lakukan dengan benar, apa yang perlu dilakukan dengan lebih baik, dan bagaimana Anda bisa menghabiskan waktu Anda minggu depan untuk mendapatkan keuntungan terbesar untuk tim,” Natalia Autenrieth menulis di TopResume.

 

Sumber artikel:

http://www.businessinsider.sg/new-job-tips-first-3-months-2018-1/?r=US&IR=T
http://www.abc10.com/video/entertainment/buzz60/successful-people-do-these-5-things-in-the-first-few-months-at-a-new-job/600-2896933

 

Sumber gambar:

https://www.intapeople.com/files/3214/8775/5276/Top_5_tips_to_help_new_employees_settle_in_when_joining_your_start-up.jpg