Pensiun adalah urusan rumit yang membutuhkan banyak perencanaan. Derec Mieden, seorang konsultan asosiasi dengan anggota AdviceIQ Network Wipfli Hewins Investment Advisors di Wausau, Wisc., memiliki daftar tentang apa saja yang perlu Anda lakukan sebelum benar – benar melakukannya.

Setelah berpuluh-puluh tahun bekerja keras dan menabung, akhirnya Anda memasuki tahun emas Anda. Jika Anda memang sedang bersiap untuk pensiun dalam waktu dekat, berikut adalah lima langkah yang perlu Anda ingat dan ambil, termasuk cara menghabiskan uang dan bagaimana mengisi waktu.

Kenali Apa Saja Yang Menjadi Tujuan Pensiun Anda dan Berapa Pendapatan Anda

Jelas, kekhawatiran terbesar kebanyakan pensiunan adalah apakah mereka memiliki cukup uang untuk menghabiskan masa tua. Berapa banyak uang yang akan Anda terima dalam bentuk penarikan pensiun atau jaminan sosial? Berapa banyak uang tunai yang Anda simpan di bank, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan itu semua?

Seperti dilansir dari Huffingtonpost, Tony Montenegro, seorang financial advisor dari Orange County menuturkan bahwa dengan Anda mengenali apa saja tujuan pensiun Anda, hal ini akan mempermudah dilakukannya penyesuaian pendapatan dengan tujuan yang ingin dicapai.

Rencanakan Dengan Matang Semua Pengeluaran Anda

Ketika Anda mempertimbangkan berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan saat pensiun nanti, hal yang tak kalah pentingnya adalah menciptakan anggaran yang benar-benar bisa direalisasikan. Rancangan anggaran yang realistis akan membantu Anda membandingkan pengeluaran bulanan yang direncanakan untuk pendapatan Anda. Dan jika jumlahnya tidak sesuai dan Anda mengantisipasi kekurangan uang saat pensiun, Anda harus menemukan cara untuk menghubungi pengeluaran Anda kembali.

“Banyak orang masih belum tahu persis di mana semua uang mereka masuk, tapi ini merupakan langkah awal yang sangat penting dan sederhana bagi pra-pensiunan,” kata perencana keuangan Texas Shane Sullivan dari Escaping Financial Gravity.

Pengaturan anggaran mungkin terdengar rumit. Untuk membuat anggaran yang sederhana, ambil selembar kertas dan buat dua kolom. Tulis semua aliran pendapatan Anda di satu sisi halaman dan semua biaya tetap, perkiraan, dan pengeluaran berfluktuasi Anda di kolom lainnya. Bandingkan angka (pendapatan vs biaya) untuk melihat di mana Anda berada. Kemudian, cari biaya yang bisa Anda potong saat Anda pensiun nantinya. (sumber: Huffingtonpost.com)

Kembangkan Rencana Investasi Jangka Panjang

Banyak pensiunan menyimpan portofolio dalam obligasi, namun seiring waktu inflasi dapat mengikis daya beli hasil investasi tersebut. Portofolio yang terdistribusi dengan baik harus mencakup keseimbangan saham dan obligasi yang seringkali dapat membantu tabungan investasi Anda bertahan selama masa pensiun (yang bisa saja akan berlangsung selama tiga dekade). Secara konsisten memantau alokasi investasi Anda juga perlu dilakukan – ini mungkin berubah seiring waktu tergantung pada usia, tujuan pensiun dan keadaan keuangan Anda.

Pajak mempengaruhi bagaimana Anda membelanjakan aset selama masa pensiun. Strategi terbaik Anda mungkin untuk pertama kali terjun ke aset kena pajak (seperti keuntungan dari penjualan investasi) dan memungkinkan aset pajak tangguhan – seperti dana di akun pensiun – untuk terus tumbuh dan berkembang.

Tentukan Bagaimana Anda Akan Mengisi Waktu Nantinya

Seperti dikutip dari Forbes, hal ini memainkan peran besar dan terkadang mengejutkan dalam menentukan kondisi keuangan Anda saat pensiun. Rencana dan pengeluaran Anda akan bervariasi dalam beberapa bulan ke depan tergantung pada minat, hobi dan aktivitas Anda. Beberapa pensiunan, misalnya, memilih untuk tetap berada dekat dengan rumah mereka dan menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga. Yang lainnya justru memilih untuk berkeliling dunia. Mengetahui bagaimana cara Anda akan mengalokasikan waktu luang dan uang Anda akan membantu untuk mempertahankan anggaran Anda pada masa usia emas.

Pelajari Tentang Asuransi Serta Produk – Produk Jaminan Kesehatan dan Hari Tua

Saat Anda mendekati masa pensiun Anda, sangat penting bagi Anda untuk mendapatkan keamanan finansial, kesehatan, dan jaminan masa tua serta berbagai jenis manfaat yang mungkin Anda bisa penuhi syaratnya. Periksa kembali jaminan kesehatan dan pilihan – pilihan asuransi yang lain yang bisa Anda dapatkan. Sementara itu, hal yang sama pentingnya adalah mempelajari jaminan kesehatan dan pilihan Anda yang lain saat mendekati usia 65 tahun nantinya.

 

Sumber artikel:

https://www.huffingtonpost.com/entry/6-important-steps-to-take-before-retirement_us_595fd207e4b08f5c97d06968
https://www.forbes.com/sites/lawrencelight/2015/09/18/5-vital-steps-you-need-to-take-before-retiring/2/#472341d37853

Sumber gambar:

https://www.gannett-cdn.com/-mm-/621b37bf60a76adf00ec82d1926457b31d7ab3b6/c=0-30-580-356&r=1280×720/local/-/media/2017/03/12/USATODAY/usatsports/retirement-savings-jar-full-of-coins-and-alarm-clock_large.jpg?quality=10