Setelah Anda bekerja di kantor untuk beberapa lama, akan menjadi jelas bahwa tidak semua karyawan bekerja dengan cara yang sama. Beberapa orang memiliki konsentrasi yang luar biasa, dapat bekerja selama berjam-jam tanpa henti, sedangkan sebagian yang lain lebih suka membangun hubungan (dan mengalihkan perhatian rekan kerja yang lain), bahkan beberapa orang dapat langsung bekerja di pagi hari sementara yang lain hampir tidak tampak terjaga sampai sore hari.

Banyak pendekatan dan cara untuk menyelesaikan pekerjaan masing-masing sesuai preferensi, dan ada bermacam gaya kerja yang berbeda pula untuk masing – masing pekerja remote. Demikianlah menurut e-book terbaru dari alat kolaborasi perusahaan PGi yang membagi berbagai tipe pekerja remote menjadi tujuh subtipe yang berbeda.

Pekerja Remote Purna Waktu (Full-time)

Pekerja remote purna waktu pada dasarnya mendapatkan semua kelebihan dari memiliki sebuah karir. Mereka tidak terkendala di kantor tapi masih mendapat gaji rutin setiap bulannya. Tambah lagi, sebagian besar perusahaan yang mencari karyawan remote purna waktu memberi kebebasan kepada mereka untuk bersikap fleksibel dengan waktu kerja mereka. Jadi, selama mereka menyelesaikan pekerjaan dalam jam kerja mereka dengan baik, atasan mereka tidak akan meradang.

Pekerja Remote Yang Multi Tasking

Saat ini ada selusin tab lebih terbuka di browser PC Anda dan jumlah aplikasi yang seabrek berjalan berbarengan? Selamat, Anda kemungkinan besar adalah pekerja tipe kedua ini yaitu multitasker. Anda mungkin secara alami kreatif dan kolaboratif tetapi tetaplah harus fokus saat melakukan telekomulasi Anda dengan mematikan pemberitahuan Anda selama waktu pribadi serta membentuk tim untuk mendukung kecepatan kerja Anda yang sangat cepat. Beberapa ruang kerja yang tersebar di beberapa lokasi di seluruh rumah juga bisa menjadi ide bagus untuk tipe ini.

Tipe Mudah Terdistraksi

Ketika Anda gampang terdistraksi, sebenarnya hal ini dapat menimbulkan masalah bagi pekerja remote. Namun, menurut PGi, hal ini dapat diperbaiki dengan alat manajemen tugas yang menawarkan banyak pengingat dan lingkungan kerja yang bagus – bahkan mungkin ruang kerja sejenis coworking space.

Pemilik Bisnis Yang Juga Mempekerjakan Pekerja Remote

Ini mungkin merupakan tipe pekerja remote yang paling rumit tetapi juga yang paling menguntungkan (secara finansial). Mereka adalah individu – individu yang menjalankan bisnis dari jarak jauh / online dan mempekerjakan pekerja remote. Pilihan profesi paling populer untuk tipe ini adalah pemilik toko online, blogger profesional (yang sudah memiliki tim sendiri), dan perusahaan pemasaran online.

Pekerja Remote Yang Fleksibel

Mereka yang termasuk tipe ini tidak mengenal konsep keseimbangan antara waktu kerja dan waktu pribadi. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik dari orang-orang tipe seperti ini dan jam kerja mereka yang tidak menentu, manajemen perlu berhenti terobsesi dengan waktu kerja standar jam sembilan hingga jam lima dan belajar untuk fokus pada hasil kerja, bukan jumlah jam mereka bekerja semata.

Tipe Super Efisien

Tidak tahu bagaimana salah satu anggota tim Anda berhasil menyelesaikan banyak tugas dalam waktu yang relatif singkat? Dia mungkin adalah tipe pekerja yang sangat efisien. Bagaimana Anda tahu jika Anda sendiri masuk dalam kategori ini? Jika Anda dapat selalu berpakaian profesional bahkan jika Anda bekerja hanya dari sofa di rumah Anda, maka kemungkinan besar Anda masuk tipe ini.

Pekerja Remote Paruh Waktu

Perusahaan mencari karyawan seperti ini jika mereka tahu bahwa pekerjaan harus dilakukan setiap hari tetapi tidak membutuhkan lebih dari 4 jam atau lebih untuk menyelesaikannya. Jam kerjanya mungkin saja fleksibel atau mungkin juga tidak. Tambah lagi, perusahaan mungkin tidak akan memberi Anda benefits tetapi tipe pekerjaan begini cocok untuk orang – orang yang memang menginginkan pemasukan yang stabil tanpa mengorbankan banyak waktu untuk mengurus berbagai hal lain di kehidupan mereka.

 

Sumber artikel:

inc.com

tinadvincula.com

Sumber gambar:

centricresource.com