Tahun 2018 adalah kesempatan sempurna untuk memulai sebuah babak baru di kehidupan Anda. Namun, jika mungkin sebagian besar dari kita menetapkan resolusi tahun baru, penelitian menunjukkan bahwa kurang dari 10 persen dari kita yang berhasil mempertahankan resolusi yang sudah kita buat tersebut. Alasan terbesar kita biasanya adalah bahwa kita melihat perubahan ini sebagai rintangan yang sangat besar, bukan sebagai suatu akibat dari berbagai kebiasaan dan keputusan kecil yang kita buat sehari-hari.

Kekuatan kita terletak pada hak untuk memilih melakukan kebiasaan – kebiasaan yang positif – dan mempertahankan keputusan tersebut untuk jangka panjang – dengan demikian tujuan untuk mencapai sukses bukanlah mimpi lagi bagi Anda.

Jadi, alih-alih menunggu kesuksesan jatuh di pangkuan Anda di tahun 2018, Anda dapat mulai mencapainya dari hari ini dengan menerapkan kebiasaan sehari-hari yang kecil dan sederhana namun berdampak besar untuk mendukung tercapainya kesuksesan di kehidupan profesional dan pribadi Anda.

Dengarkan Orang Lain Dan Bantulah Mereka Jika Mampu

Saat Anda mendengarkan orang lain, perhatikan baik-baik apa yang mereka katakan dan mereka hargai. Mungkin itu berupa beberapa saran sederhana. Akhiri setiap percakapan dengan kata-kata “Bagaimana saya bisa membantu Anda?” dan Anda akan tahu. Terkadang mudah untuk terhubung dengan orang lain, tapi Anda hanya bisa melakukan itu jika Anda benar – benar bersedia untuk mendengarkan apa yang coba dikomunikasikan mereka. (sumber: inc-asean.com)

Pergunakan Waktu Luang Anda Dengan Bijak

Hal lain yang dapat menyebabkan tidak tercapainya perbaikan diri adalah alasan bahwa kita “tidak punya cukup waktu.”

Sebenarnya, seperti dikutip dari CNBC, selalu ada lebih banyak waktu luang dalam jadwal kita daripada yang kita sadari. Misalnya, jumlah waktu yang kita habiskan untuk menonton TV dan browsing media sosial setiap tahun bisa saja digunakan untuk membaca 200 buku dalam setahun. Bahkan Warren Buffett dan Bill Gates saja bisa menyediakan waktu untuk perbaikan diri, maka Anda juga bisa.

Jaga Koneksi Anda Dengan Orang – Orang Yang Memang Penting Bagi Anda

Berdasarkan sebuah survei yang disodorkan oleh inc-asean.com kepada 20 orang yang berbeda dalam suatu jaringan profesional tentang apa yang paling mereka hargai dalam sebuah hubungan bisnis, dan 19 dari 20 orang mengatakan bahwa tetap menjaga hubungan yang terjalin adalah hal terbaik yang pernah dilakukan orang – orang dalam kontak mereka untuk menciptakan koneksi yang langgeng dan berarti. Terkadang hal sederhana seperti mengucapkan “Hei, apa kabar?” pada waktu yang tepat cukup untuk menjaga hubungan tersebut.

Tabunglah Uang Anda Tanpa Berpikir Ulang

Sekalipun Anda berniat untuk menyimpan uang Anda, namun, terkadang bisa saja tetap lupa atau menghabiskan lebih banyak uang daripada seharusnya. Namun, jika Anda mengotomatisasi tabungan Anda, uang itu dapat langsung tersimpan di tempat yang lebih sulit dihabiskan dengan sembarangan, dan lebih mudah digunakan untuk investasi atau memperbaiki masa depan keuangan Anda.

Jika memungkinkan untuk mengotomatisasi aliran uang ke rekening tabungan Anda, atau bahkan lebih baik lagi, kendaraan investasi, itu akan membantu Anda membuat lebih banyak uang.

Tetapkan Tujuan Dan Berkomitmenlah Untuk Capai Itu

Thomas Corley, yang telah banyak mempelajari para jutawan, mengatakan bahwa, “Jika Anda menginginkan impian Anda menjadi kenyataan, Anda perlu menciptakan tujuan yang dapat mendukung tercapainya hal tersebut, mengejar tujuan tersebut dan mencapainya. Anda perlu membagi keinginan atau impian Anda ke dalam beberapa tugas yang lebih kecil yang dapat dikelola dan Anda lakukan.”

Bermimpi untuk menjadi miliarder atau orang yang sukses itu baik, namun bermimpi saja tidaklah cukup. Sebagai gantinya, dengan menetapkan tujuan seperti misalnya “Saya akan menghemat dan menginvestasikan $200 sebulan”, Anda akan mendapatkan kebebasan finansial lebih cepat daripada yang pernah Anda bayangkan.

Perkecil Jumlah Pilihan Yang Harus Anda Buat

Mark Zuckerberg tidak mengenakan hoodie abu-abu setiap hari karena alasan fashion atau bergaya modis. “Saya benar-benar ingin membuat hidup saya lebih simpel dengan membuat keputusan sesedikit mungkin tentang apapun kecuali cara terbaik untuk melayani komunitas ini,” katanya.

Kebiasaan ini mungkin tampak sulit jika Anda memiliki banyak sekali keputusan yang harus dibuat, tapi, tahun ini, cobalah untuk menyederhanakan hidup Anda dengan tidak melakukan terlalu banya pengambilan keputusan yang kurang begitu penting seperti memilih pakaian untuk esok hari.

Bijaklah Dalam Memilih dan Memberi Hadiah

Ada sebagian orang yang memberi hadiah tanpa memikirkan tentang apa yang si penerima sukai sebelumnya dan akhirnya hadiah tersebut terbuang sia – sia. Jikalau demikian, saat Anda memberi hadiah, pikirkan apa yang benar-benar dinikmati oleh penerima, temukan yang berharga, atau hargai.

Jadilah Pribadi Yang Positif

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh NCBI, orang dengan pola pikir positif umumnya lebih sukses karena mereka memanfaatkan peluang dan menetapkan tujuan yang lebih besar.

Mungkin tidak mudah mengubah pikiran Anda menjadi positif, tetapi itu bisa dilakukan dengan cara tetap santai dan tidak membiarkan emosi Anda menguasai diri. Cobalah untuk mengalihkan dan menyalurkan pikiran Anda sehingga Anda tidak akan terjebak dalam hal – hal yang negatif.

 

Sumber artikel:

inc-asean.com

cnbc.com

Sumber gambar:

accentis.co.uk