Strategi Jeff Bezos tentang evolusi berkelanjutan untuk Amazon.com telah memungkinkan perusahaannya untuk bereksperimen di beberapa area sekaligus — dan kemudian membangunnya menjadi waralaba. Situs web yang dulu hanya menjual buku sekarang memungkinkan siapa saja untuk membuat toko online dan menjual apa pun di sana. Berikut adalah beberapa fakta tentang Amazon.com yang membuat Anda akan menyadari bahwa kita semua telah masuk ke dalam dunia yang diciptakan oleh Jeff Bezos.

Amazon Menguasai Bisnis Online

Bisnis model ritel saat ini sedang sekarat. Faktanya adalah banyak orang yang berpindah haluan untuk berbelanja secara online. Kemudahan serta kenyamanan sistem belanja online pastinya akan semakin meyakinkan kita bahwa model bisnis yang satu ini akan terus lebih diadopsi secara luas oleh lebih banyak lagi masyarakat kita.

Dan Amazon.com-lah yang mengawali semua hal tersebut.

Perlu bukti? Pertimbangkan bahwa selain melakukan 50 persen transaksi dari semua penjualan e-commerce pada musim liburan di tahun 2017, Amazon kini bernilai lebih dari 15 gabungan pengecer paling terkenal sekalipun – dan itu termasuk Walmart, Target, Costco, dan Best Buy. (sumber: inc-asean.com)

Internet Telah Menjadi Wilayah Jajahan Amazon

Ketika membangun infrastrukturnya, Jeff Bezos mengerti bahwa bisnis Amazon.com membutuhkan layanan hostingnya sendiri yang dapat diandalkan serta aman, sehingga kemudian beliau menciptakan Amazon Web Services (AWS), yang pada tahun 2017 menyumbang lebih dari 60 persen atas pendapatan operasional Amazon hanya dengan 10 persen dari total pendapatannya.

Saat ini, AWS digunakan oleh ratusan perusahaan seperti Netflix, Hulu, Comcast, McDonalds dan Dow Jones. Pada tahun 2016, Magic Quadrant Gartner menempatkan Amazon di peringkat pertama dalam pangsa pasar untuk layanan infrastruktur cloud, dengan jumlah 31 persen – melebihi angka dari hasil gabungan nilai tiga perusahaan sekalipun seperti Microsoft, IBM dan Google.

Seberapa kuatkah AWS? Pada bulan Februari 2017, kesalahan dalam layanan AWS membuat banyak sekali situs web dan layanan web di seluruh dunia mengalami masa pemberhentian yang cukup panjang, melelahkan dan menyiksa (selama kurang lebih 5 jam). Demikianlah, sangat jelas betapa tergantungnya kita pada layanan dari Amazon.com.

Banyak Rumah Yang Telah Takluk Pada Amazon

Banyak orang setuju dan bergembira tentang layanan pengiriman di rumah yang diusulkan belum lama ini oleh Amazon, bernama Amazon Key, yang akan memungkinkan pengemudi pengiriman untuk memasuki rumah Anda dan meninggalkan paket di dalam rumah Anda.

Menyeramkan? Ya, tapi ada yang jauh lebih menyeramkan, yaitu adalah fakta bahwa Amazon Echo yang sangat populer, dengan asisten virtualnya, Alexa, telah digunakan di lebih dari 22 juta rumah di seluruh dunia hingga akhir tahun 2017 lalu.

Jeff Bezos Terobsesi Dengan Proyek Roket Luar Angkasa

Proyek pribadi Bezos, program roket ruang angkasa bernama Blue Origin, telah berhasil menguji sejumlah roket yang dapat digunakan kembali dan merencanakan akan mengadakan perjalanan komersial dan pariwisata ke luar angkasa.

 

Sumber artikel:

inc-asean.com

fastcompany.com

Sumber gambar:

videomaker.com